HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Inilah Hasil Penghitungan Ulang Pilkades Banyonning Laok Geger

Pelaksanaan penghitungan ulang

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Untuk menyelesaikan  permasalahan pilkades Banyonning Laok kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan, pemkab Bangkalan melakukan penghitungan ulang surat suara dengan membuka kotak suara.

Penghitungan ulang surat suara  dilaksanakan di pendopo agung yang digelar sejak  pukul 11 siang hingga pukul 10 malam itu, hasilnya, calon nomor urut satu atas nama Latifah memperoleh 1645 suara, sedangkan calon nomor urut dua atas nama Moh. Safi’i memperoleh 1676 suara dengan suara tidak sah sebanyak 115 suara.

Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Banyonning Laok, Wahab mengatakan, hasil penghitungan ulang, cakades desa Banyonning laok dimenangkan nomor urut dua. “Berdasar penghitungan ulang surat suara pada hari ini nomor urut 2 bernama Moch. Syafii memperoleh suara terbanyak dengan selisih 31 suara dari nomor urut 2 bernama Latifah,” kata wahab usai penghitungan suara di pendopo agung Bangkalan, Rabu malam (21/06/2023)

Dikatakan Wahab, hasil penghitungan ulang surat suara, calon nomor satu atas nama Latifah memperoleh 1645 suara, sedangkan calon nomor dua atas nama Moh. Safi’i memperoleh 1676 suara dengan suara tidak sah sebanyak 115 suara.

Sementara itu, sekretaris Tim Fasilitasi pemilihan kepala desa (TFPKD) kabupaten Bangkalan, Rudiyanto mengatakan Walaupun saksi dari salah satu cakades tidak hadir penghitungan ulang tetap sah. “Berdasar Perbub 51 pasal 75 ketidak hadiran saksi dibuat berita acara oleh panitia  bahwa saksi tidak dapat menghadiri penghitungan ulang,” jelas Sekretaris TFPKD kabupaten Bangkalan, Rudiyanto.

Dijelaskan dia, pelaksanaan Penghitungan ulang  surat suara dihadiri oleh panitia. “Proses penghitungan ulang dijaga ketat oleh tim gabungan TNI/Polri, dimana yang boleh masuk hanya panitia, BPD dan saksi dari Cakades semua ini guna menjaga kondusifitas pelaksanaan penghitungan ulang,” terangnya.

Sekretaris TFPKD kabupaten Bangkalan mengharapkan, hasil penghitungan ulang ini diterima oleh semua pihak.  “Semoga hasil dari penghitungan ulang surat suara Pilkades Banyonning Laok ini bisa diterima oleh masyarakat,Yang kalah harus menerima dengan kekalahannya marilah bersama menjaga desa agar aman dan kondusif, ” pungkasnya (edi/shb).