HEADLINEKESEHATANTERKINI

Musim Hujan Tiba, Penyakit DBD Mulai Mengancam, 69 Orang Terserang DBD 2 Orang Meninggal

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Memasuki musim hujan sejak bulan Desember 2023 dan Januari 2024, sudah 69 orang di kabupaten Bangkalan terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Akibat serangan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti itu 2 orang meninggal dunia. “Yang meninggal 2 orang itu warga kecamatan Klampis, meninggalnya sekitar bulan Maret dan bulan April 2023 lalu, ” kata Kadinkes Bangkalan, Nur Chotibah melalui Kasi Pencegahan Pemberantasan Penyakit Menular, Hj Mariyamah, Jum, at (05/01/2024)

Dikatakan dia, kasus DBD pada bulan Januari 2024 ada 69 kasus. “Rinciannya
Di kota bangkalan  ada 11 kasua, di kecamatan Arosbaya  ada 15 kasus dan di , kecamatan Klampis 2 kasus,” jelas Mariyamah

dijelaskan Mariyamah, di daerah yang ada kasus DBD sudah dilakukan foging atau pengasapan. “Upaya yang kita lakukan, foging, pemantauan jentik dan ini sudah menjadi tugas Puskesmas yang dilakukan secara rutin dan pemberantasan sarang nyamuk, ” terangnya.

Ditambahkan Mariyamah, jika dibandingkan dengan tahun lalu, kasus DBD pada tahun 2024 ini menurun. “Kalah dibanding tahun kemarin, kasus DBD menurun, tahun 2024 ini ada 69 kasus sedangkan pahun 2023 lalu ada 163 kasus dan 2 orang meninggal dunia yaitu warga desa  Jaddih dan Tragah, ” pungkasnya. (min/shb)