HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Musim Tanam Pertama Dispertahutbun  Bangkalan Dapat Jatah  36 Ribu Ton Pupuk

Kabid Sarana dan Prasarana Dispertahutbun Bangkalan, CHK

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pada musim tanam pertama ini, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahutbun) kabupaten Bangkalan memperoleh jatah pupuk sebanyak  36.000 ton. “Dari 36.000 ton pupuk yang kita terima, terdiri dari  22.000 pupuk Urea dan NPK, 14.000 ton yang akan distribusikan kepada para kelompok tani yang tersebar di kabupaten Bangkalan,” kata Kadis Pertahutbun Bangkalan, Ir Puguh Santoso melalui Kabid Prasarana Sarana dan Penyuluhan, Cehaka Karya Dinata, Selasa (17/11/2023).

Dia meminta agar kelompok tani secepatnya menebus pupuk tersebut. “Menjelang akhir tahun kami menekankan kepada kelompok tani (Poktan) agar dapat menebus jatah pupuk yang sudah dipetakan oleh Dinas pertanian, ” jelas CHK sapaan akrabnya Kabid prasarana sarana dan Penyuluhan Dispertahutbun Bangkalan ini.

Dijelaskan CHK, selama ini kadangkala pendistribusian pupuk kepada  dari kelompok tani kepada petani lamban. “Hanya saja masalah pendistribusian dari Poktan kepada para petani terkadang lambat, dan pak Pj Bupati  Bangkalan sudah memberikan kebijakan kepada Kepala Desa untuk bisa membantu Poktan untuk mengambil pupuk, ” terangnya.

Misalnya nanti  ada Masyarakat yang belum ikut poktan maka masih bisa tetap  membeli pupuk.”Diharapkan setiap dusun itu harus ada Poktan dan pembentukan Poktan  dengan dasar yang jelas, namun masyarakat  yang belum memiliki poktan akan tetap kami ACC untuk pengambilan pupuk, ” pungkasnya (edi/shb)