HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Naskah Soal Ujian Sekolah SD Dan MI Rampung  Didistribusikan

Proses pendistribusian sioal US Tingkat SD dan MI
Proses pendistribusian sioal US Tingkat SD dan MI

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Disaksikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik ) Bangkalan, Drs H Mohni,MM, proses pendistribusian naskah soal untuk Ujian Sekolah (US) tingkat SD dan MI di Kabupaten Bangkalan, Kamis (12/5/2016) pagi tadi rampung sudah. Sampul naskah soal untuk Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA itu, diserahkan langsung oleh masing-masing Kepala UPT Disdik Kecamatan kepada petugas Polsek dari 19 Kecamatan.

Setelah menginap tiga hari di masing-masing Kantor Polsek, naskah soal US untuk masing-masing Mapel itu, baru bisa diambil ke Polsek oleh para Kasek di sekolah penyelenggara US, Senin (12/5) sekitar pukul 06.00, atau dua jam sebelum US hari pertama untuk Mapel Bahasa Indonesia dimulai. “Itu juga berlaku untuk  hari-hari berikutnya,” kata Kabid TK,SD dan SDLB Disdik setempat, Moh Fauzi,MPd, disela-sela pendistribusian soal.

Menyusul rampungnya pendistribusian soal ke masing-masing Polsek itu, berarti seluruh peserta US tingkat SD dan MI tahun ajaran 2015-2016, sudah siap untuk menjalani ajang penentuan nasib itu. Menurut Fauzi, jumlah total peserta US tingkat SD dan MI tahun ini mencapai 19.786 siswa. Mereka tersebar di 821 sekolah penyelenggara.

Rinciannya, sebanyak 16.891 siswa diantaranya adalah siswaSDN. Mereka berasal dari 653 SDN penyelenggara. Sementara 402 dan 111 siswa lainnya berasal dari 28 SD Swasta dan 2 MI Negeri. Terakhir, sebanyak 2.382 siswa sisanya berasal dari 138 MI Swasta.

Untuk menggelar US bagi 19.786 siswa peserta US itu seara rapi-jali, para awak Disdik harus memilah dan menyekat 821 SDN,SDS,MIN dan MIS peneyelnggara dalam bentuk sebaran ruang ujian. “Pengaturan dan penentuan jumlah ruang ujian ini cukup rumit. Sebab kuota untuk bagi siswa peserta US dari SDN,SDS,MIN dan MIS berbeda,” ungkap Fauzi.

Jelasnya, kuota untuk peserta US dari SDN maksimal dipatok 20 siswa,sementara untuk SDS maksimal 10 siswa setiap ruangnya. Demikian pula untuk siswa MIN dan MIS, kuotanya juga dipatok 20 dan 10 siswa  setiap ruangnya.

Namun melalui perhitungan yang matang, pemilahan ruang untuk US itu akhirnya tuntas dipilah. Jumlah totalnya mencapai 1.389 ruang ujian. Rinciannya, 1.090  ruang untuk 16.891 peserta US dari 653 SDN dan 111 peserta US dari MIN, serta 299 ruang untuk 402 peserta US dari SDS dan 2.382 peserta US dari MIS.

Total jumlah ruang ujian sebanyak itu, menurut Fauzi, juga harus dikorelasikan dengan pemilahan sampul berisi soal US. Masing-masing untuk Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia, Matematika dan Mapel IPA. Tujuannya, agar distribusi sampul soal US untuk masing-masing Mapel, jumlahnya klop dengan  jumlah total ruanh ujian yang mencapai 1.389 ruang. Inipun juga tak kalah ruit dan melelahkan.

“Tetapi Alhamdulillah, berkat persiapan yang cukup matang, ditopang oleh kinerja rekan-rekan yang kompak dan serius, semua kerumitan itu sudah terpecahkan jauh hari sebelum pelaksanaan US,” ungkap Fauzi.

Termasuk pemilahan sampul soal untuk tiga Mapel US, sudah tuntas kami lakukan Rabu (11/5) kemarin. Dan pagi tadi, semua sampul soal itu sudah rampung kami distribusikan,” urai Fauzi. Dengan demikian, sebanyak 19.786 siswa SD dan MI, benar-benar sudah siap untuk menjalani US tahun ajaran 2016-2016 kali ini. (Sjam/shb).