HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWATERKINI

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron Lepas Penggeseran Ribuan Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron, memimpin Apel Penggeseran Pasukan pengamanan Pilkades serentak. Pasukan Pengaman dengan sandi Operasi Mantab Praja Cangraningkat itu dilepas oleh orang nomer satu dilingkungan pemkab Bangkalan itu. “Insya Allah untuk pengamanan pelaksanaan pilkades serentak sudah siap,” kata Ra Latif usai memimpin Apel Penggeseran pasukan di alun-alun kota Bangkalan, Sabtu (01/05/2021).

Dikatakan dia, jika melihat dari pelaksanaan apel,  pasukan pengamanan pelaksnakaan pilkades serentak sudah siap. “Kesiapan pasukan pengamanan ini dimulai dari apel pada hari ini, ada 2.717 personel yang siap melekaukan pengamanan Pilkades di 117 desa besok, dan menurut informasi dari Pak Kapolres masih akan ada tambahan lagi pasukan,” jelas Ra Latif.

Ra Latif mengharapkan pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar Ahad 02 Mei 2021 (besok red) bejalan aman dan lancar. “Saya harapkan pelakasnaan pilkades serentak besok berjalan dengan aman, kondusif,  dan harapan kami kepada seluruh pendukung cakades tetap menjaga kondusifitas dan tetap menggunakan protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan, AKBP Didik Hariyanto, SIK menjelaskan,  penggeseran pasukan pengaman pilkades serentak ini  terdiri pasukan BKO dari Polda Jatim, Polres jajaran, dari Brimob serta dari TNI. “Dari TNI ada dari Kodim dan ALHARNUD ada sekitar 550 persnel, total personel  untuk pengamanan di TPS pada pilkades serentak ada 2.717 personel plus ditambah 300 personel sehingga nanti pengamanan lebih maksimal,” jelas Didik sapaan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan Didik, untuk pola pengamanan yang dterpkana dalam pelaksanaan Pilkades serentak akan menggunakan pola Sangat Rawan, Rawan=1,  dan rawan-2. “Untuk  Sangat rawan nanti pengamanannya 30 orang personel di masing masing desa, kemudian untuk rawan 1  pengamanannya ada 21 hingga 24 orang personel,  dan  untuk rawan 2 pengamananyan ada 15 orang personel,” tuturnya.

Ditambahkan Didik, menjeang hari H pencoblosan Pilakdes serentak, jumlah desa rawan berkurang. “Alhmadulilah sampai saat ini dari data yang ada, dari 21 desa yang pada awalnya ada permasalahan dapat diminimalisir dengan kerjasama dengan pemda, Kodim, dan peran serta seluruh masyarakat,  kami sangta berharap dan berdo,a hari H  pelaksanaan pencoblosan berjalan aman, tertib dan  jujur. Untuk Pasukan pengamanan ini nanti ditarik pada tanggal 3 setelah pencoblosan,” katanya.

Usai melaksanakan apel penggeseran pasukan pengamanan pilkades serentak, Bupati Bangkalan bersama anggota Forkopimda langsung melakukan pengecekan surat suara di kecamatan Socah dan kecamatan Kamal. (hib/shb)