HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pembangunan Drainase Pada Tahun ini Lebih Banyak Di Pemukiman

Kabid Penyehatan Lingkingan dan Air Bersih, Rizal Mardiansyah

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Pelaksanaan pembangunan drainase pada anggaran tahun 2022 ini lebih banyak di diarahkan ke pemukiman di desa.”Sebab Dananya dari Pokir dan dana desa, ” kata  Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) kabupaten Bangkalan, Wildan Yulianto melalui Kabid Penyehatan Lingkungan dan Air Minum, Rizal Mardiansyah ST, MT, Senin (11/07/2022).

Dikatakan Dia, karena dananya dari dana Pokir dan dana desa (DD), maka yang menentukan lokasi adalah anggota dewan dan desa. “Yang menentukan lokasi pemilik pokir dan desa, ” jelas Rizal  sapan akrabnya Kabid Penyehatan Lingkungan dan Air Minum Dinas PRKP ini.

Dijelaskan Rizal, untuk pembangunan Drainase di pemukiman ini adalah prioritas dari Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron. “Ada dua,  ada prioritas pak  bupati dan kades.  Tentunya seluruh desa dapat anggaran  untuk pembangunan , namun ada prioritas pak bupati pembangunan di desa  ada yang dibangun drainase, ada yang untuk pembangunan jalan lingkungan, ada yang untuk perbaikan SD ya  tergantung dari hasil. Musrenbang, ” terangnya.

Ditambahkan Rizal, kalau dana pembangunan yang ada pada bidangnya hanya Rp 50 juta  “Dana itu kita bangun Drainase sepanjang 56 meter di jalan raya desa Tragah yang saat ini dalam proses pengerjaan, ” tuturnya.

Kabid Penyehatan Lingkungan dinas PRKP ini mengharapkan ke depan anggaran untuk pembangunan Drainase bisa ditingkatkan karena banyak jalan kabupaten yang belum dibangun Drainase. “Manfaat dari Drainase ini sangat penting, selain untuk pembuangan air limbah juga pembuangan air ke arah  sungai supaya tidak banjir, ” pungkas Rizal. (min/shb)