HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pemkab Sumenep Ajak Ribuan Warga Sholat Kusyuf dan Lihat Langsung Gerhana Matahari

warga Sumenep saat melaksanakan solat gerhana Matahari
warga Sumenep saat melaksanakan solat gerhana Matahari

Sumenep, Maduranewsmedia.com – Ribuan warga Sumenep Madura Jawa Timur, baik dewasa dan anak-anak melakukan sholat kusyuf dalam rangka menyambut gerhana matahari yang jatuh pada Rabu pagi 9 Maret 2016. sholat gerhana yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, digelar di jalan protokol Desa Pabian kecamatan Kota Sumenep dan dihadiri Bupati, Wakil Bupati serta segenap SKPD Kabupaten Sumenep.

kegiatan solat gerhana matahri digelar dalam rangka lebih memantapkan keimanan serta ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, atas fonomena alam gerhana matahari yang sangat langka ini, sehingga kita lebih bisa mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Firdaus salah satu jamaah mengatakan, meskipun gerhana matahari di Sumenep tidak total seperti di Kepulauan Bangka Belitung Provinsi Sumatera Selatan, ia sangat takjub sebab baru pertama kali ia bisa menyaksikan proses gerhana matahari secara langsung.

“Ini sangat bagus sekali, karena baru pertama kali saya menyaksikan gerhana matahari di Sumenep. Kejadian ini sangat langka, karena hanya bisa terjadi 30 tahun sekali,” ujar firdaus saat ditemui Maduranewsmedia.com saat mengamati proses gerhana.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim mengungkapkan, sholat kusyuf ini dilaksanakan untuk menyeimbangkan pengetahuan keagamaan dan sain,  agar masyarakat sumenep bisa lebih cerdas dan tidak selalu percaya pada metos, khusunya terkait gerhana matahari.

“Kalau ada gerhana bulan atau matahari, metosnya biasanya pohon-pohon dipukul sumua diajak untuk berbuah, tapi kali ini kita tidak, justru ingin melihat langsung dengan seribu buah kacamata dan teleskop yang sudah disiapkan oleh Pemkab Sumenep. Jadi generasi muda Sumenep sudah harus cerdas tapi juga harus bisa mensyukuri ciptaan Allah yang bisa kita nikmati keindahannya ini,” tegas Bupati yang saat itu didampingi Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi usai mengamati gerhana dengan melalui teleskop.(hri/shb)