HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Perawat ICU Positif Covid-19, RSUD Syamrabu Bangkalan Tutup Sementara Layanan ICU

RSUD Syamrabu bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dari 21 orang perawat intensif Care Unit (ICU) Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) kabupaten Bangkalan, Sebanyak 8 orang perawat dinyatakan positif Covid-19  Dengan adanya kasus tersebut, RSUD Syamrabu menutup sementara layanan ICU. penutupan sementara layanan ICU itu tertuang dalam surat No 445/66061/433.209/2020 tentang penutupan sementara pelayanan ICU. “Penutupan sementara ini terkait dengan hasil pemeriksaan swab PCR yang dilakukan pada perawat diruang perawatan ICU pada tanggal 25 Desember 2020,” kata Direktur RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu kabupaten Bangkalan, dr Nunuk Kristiani, Sp. Rad, Minggu (27/12/2020)

Dikatakan dia, Dari hasil hasil pemriksaan swab PCR yang dilakukan pada perawat diruang perawatan ICU, sebanyak 8 orang perawat positif. “Jumlah perawat di ruang ICU ada 21 orang perawat, 8 orang perawat dinyatakan positif sementara 13 orang perawat lainnya masih menunggu hasil swab,” jelas Nunuk sapaan akrabnya Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan ini.

Dijelaskan Nunuk,   demi  keselamatan dan keamanan pasien serta petugas, maka pihaknya melakukan penutupan sementara layanan ICU. “Penutupan sementara pelayanan ICU akan dilakukan selama 3 hari  terhitung sejak tanggal 27 sampai dengan 29 Desember 2020,” terangnya.

Selama penutupan sementara layanan ICU kata Nunuk, Selama 3 hari itu ICU tidak menerima pasien baru, ruang pelayanan ICU akan dilakukan sterilisasi dengan UV dan pasien yang sedang dalam perawatan masih tetap dilakukan perawatan. “Ruangan ICU diistirahatkan selama 3 hari untuk disterilisasi, sementara pasien yang sudah ada tetap dirawat karena di ruang ICU kita memiliki 5 tempat tidur tau Bed pasien non covid, dan 5 tempat tidur  untuk pasien Covid,” pungkasnya. (hib/shb)