HEADLINEPERISTIWATERKINI

Peringati HUT RI ke-76 HIPAKAD Dan KNTI Bersama Nelayan Bangkalan Gelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Di Tengah Laut

Upacara pengibaran bendera merah putih di Batu Layar ditengah laut

Bangkalan, maduranewsmedia. com- Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) dan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) serta para nelayan di kabupaten Bangkalan menggelar upacara pengibaran bendara merah putih di tengah laut tepatnya di Batu Layar Desa Ujung Piring kecamatan kota Bangkalan. “Alhamdulillah kita bisa selesai melaksanakan pengibaran bendera merah putih di batu layar,” kata Ketua HIPAKAD Distrik Bangkalan, Hendrayanto,SH   Selasa (17/08/2021).

Dipilihnya batu layar yang ada di tengah laut sebagai tempat pengibaran sang saka merah putih karena tempat tersebut memiliki nilai sejarah. “Kita ambil lokasi di Batu layar, karena Batu layar ini adalah situs bersejarah di mana Batu layar ini dahulunya adalah tempat Pos Pantau Belanda, dulu di atas batu ini ada pos nya untuk pemantauan, dan menurut sejarahnya dulu di atas Batu ini pernah di jadikan tempat pertapa,” jelas Hendra sapaan akrabnya Ketua HIPAKAD yang juga Advokad kantor hukum Cakrabuana ini.

Pengibaran bendera Di Batu layar ini kata Hendra, bertujuan untuk memupuk rasa kekompakan antar nelayan, kecintaan terhadap tanah air dan sikap bela negara sehingga kedaulatan nelayan dapat tercapai dan mendapat perhatian kusus, karena laut sangat berpotensi untuk kemaslahatan masyarakat, laut adalah sumber daya alam yang sangat melimpah dan harus kita jaga benar benar kelestariannya.”Para nelayan ini memang harus mendapat perhatian khusus sebagaimana yang diatur dalam UU Perlindungan Nelayan,” terangnya.

Sebab sampai saat ini Pemerintah belum bisa membersihkan adanya kegiatan kapal Trawl yang masih sering beroperasi, padahal secara aturan perundang-undangan sudah di atur pelarangan trawl. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda Tahunan dan nelayan Kabupaten Bangkalan dapat dinaikkan taraf kesejahteraannya, Sehingga Semua dapat bersinergi dengan baik untuk masyarakat pesisir dan Nelayan pada khususnya,” tuturnya.

sementara itu, Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) kabupaten Bangkalan, Suryadi menjelaskan pengibaran bendera di Batu Layar sengaja mengajak HIPAKAD. “Sebenarnya motivasi kami menggandeng HIPAKAD agar para nelayan kita bisa merdeka, kemerdekaan bagi nelayan yaitu ketika nelayan kita sejahtera. bagaimana ekonomi nelayan bagus dan pendidikan dijamin oleh pemerintah serta masalah kesehatan bagi nelayan juga dijamin,” pungkasnya. (sdi/min/shb)