HEADLINEPERISTIWATERKINI

Puluhan CJH  Bangkalan Mengundurkan Diri

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, Arief Rochman

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sebanyak 10 orang Calon Jema, ah Haji (CJH) kabupaten Bangkalan mengundurkan diri. Puluhan CJH tersebut mengundurkan diri karena faktor usia (Lansia), Kesehatan dan karena berangkat tidak bersama suaminya. “Calon jemaah haji yang mengundurkan diri disebabkan karena faktor kesehatan terutama lansia, Faktor utama karena berangkat tidak bareng dengan suami atau istri,” Kata Kepala Kemenag Bangkalan, Sururi melalui Kabid haji dan umroh, Arief Rochman Jum’at (05/05/2023).

Dijelaskan dia, sampai saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah CJH yang mengundurkan diri. “Data yang mengundurkan diri kurang lebih 10 calon jemaah haji, pastinya berapa saya kurang tahu persis karena saya belum mendata, ” jelas Arief sapaan akrabnya Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan ini.

Dijelaskan Arief, jumlah CJH kabupaten Bangkalan pada musim haji tahun 2023 ini sebanyak 691 calon jemaah haji. “Kita akan memberangkatkan sebanyak 650 jemaah, ditambah jemaah lansia sebanyak 41 orang dan jemaah cadangan 46 orang, totalnya 691 orang, ” terangnya.

Ditambahkan Arief, untuk pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) terakhir Jum, at (05/05/2023).”Pelunasan pembayaran  haji sekarang ini hari terakhir dan bagi  CJH yang tidak lunas terpaksa tidak diberangkatkan,” katanya.

Selanjutnya kata Arief, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan manasik haji secara massal. “Kami secepatnya palin lambat dalam minggu depan akan melaksanakan manasik massal sekabupaten bangkalan kira kira pada tanggal 11 Mei 2023,” tuturnya.

Kasi haji dan Umroh Kemenag kabupaten Bangkalan,mengharapkan pelaksanaan haji tahun 2023 ini aman dan lancar tanpa ada kendala. “Kami mengharapkan pada pelaksanaan haji tahun sekarang aman dan lancar, ” pungkasnya (edi/shb)