HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ra Latif Lauching UHC, Masyarakat Bangkalan Bisa Peroleh Akses Layanan Kesehatan Gratis Di Seluruh Indonesia

Bupati Bangkalan saat Launching UHC

Bangkalan, maduranewsmedia. com- Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron melaunching layanan kesehatan Universal Health Coverage (UHC). Dengan di lauchingnya UHC ini, masyarakat kabupaten Bangkalan bisa memperoleh akses kesehatan gratis di seluruh indonesia. “Kita akan terus konsen dan komitmen terhadap peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Bangkalan dengan mendekatkan akses layanan kesehatan melalui UHC. Dan UHC ini dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan di sela sela acara Deklarasi UHC di pendopo agung Bangkalan, Selasa (18/10/2022).

Dikatakan dia, UHC ini merupakan wujud komitmen dan kehadiran pemerintah daerah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya. “Melalui program jaminan kesehatan nasional ini adalah yang pertama, dan UHC ini untuk  meningkatkan pelayanan jaminan sosial kesehatan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Bangkalan termasuk pelayanan kesehatan yang berkualitas, ” jelas Ra Latif.

Dijelaskan Ra Latif, UHC ini ke depannya ini harus diimbangi dengan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sehingga masyarakat yang mengakses program UHC ini merasa program ini bukan  untuk dipandang sebelah mata, akan tetapi dengan  layanan UHC ini masyarakat  yang kurang mampu mendapatkan pelayanan yang terbaik, baik itu di Puskesmas maupun di rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS. “Kemarin ada warga Bangkalan yang mengalami kecelakaan di Gresik dan operasi di bagian kepala dan dioperasi di rumah sakit pemerintah Gresik dan alhamdulillah sehat 100 persen, ” terangnya.

Ditambahkan Ra Latif, layanan UHC ini untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk Kabupaten Bangkalan secara Paripurna dengan penyelenggaraan dalam satu sistem jaminan kesehatan, meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan penduduk yang ber KTP  Kabupaten Bangkalan di manapun berada. “Jadi warga Bangkalan cukup menunjukkan KTP itu sudah bisa mengakses layanan lokasi ini di manapun berada, ” tuturnya.

Bupati Bangkalan mengharapkan program layanan UHC bisa bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Bangkalan. “Mudah-mudahan program ini bisa membantu  masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu dan juga yang memperoleh pelayanan kesehatan ini seluruh lapisan masyarakat baik yang tidak mampu maupun yang mampu, ” katanya.

Kepala cabang BPJS Madura saat memberikan cindramata kepada Bupati Bangkalan

Sementara itu, Kepala cabang BPJS wilayah Madura, H Munakib mengatakan, pemkab Bangkalan sangat luar biasa, sebab dalam tempo yang sangat singkat bisa melaunching UHC. “Tepatnya mungkin sampai hari ini sekitar 3 bulan kurang 3 hari dan kelihatan ini sudah bisa di launching dan yang menikmati ini adalah seluruh penduduk Kabupaten Bangkalan, ” kata Munakib yang merupakan putra daerah Bangkalan.

Dikatakan Munakib, pada program UHC ini sudah tidak lagi memperhitungkan yang miskin atau yang tidak mampu, tapi seluruh penduduk yang ber KTP Bangkalan berhak untuk menikmati program ini apabila memang berkenan, karena memang harus di kelas 3 dan tidak boleh naik kelas saat perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, H Sudiyo bersyukur atas di Launchingnya UHC si kabupaten Bangkalan. “Alhamdulillah hari ini sudah tercapai, dari 1.083.000 jiwa penduduk yang ada di Kabupaten Bangkalan saat ini sudah 95,60% Dimana pelaksanaan UHC itu minimal 95%, artinya dari 1.083 910 jiwa sudah tercover sebanyak 1.036.000 jiwa oleh DKN KIS kemaren saya sudah melakukan berbagai rapat yang terakhir jenis kegiatan mengobati, bahwa mulai tadi malam pukul 00 dini hari Kabupaten Bangkalan sudah dinyatakan UHC, dan hari ini di Launching, ” pungkas Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini. (min/shb)