HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Ratusan SLTA Di Sumenep Belum Siap Selenggarakan UNBK

Siswa salah satu SMA di sumenep saat mengikuti UN
Siswa salah satu SMA di sumenep saat mengikuti UN

 

Sumenep, maduranewsmedia.com– Penyelenggarakan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Sumenep, masih dilaksanakan secara manual. Sebab ratusan lembaga pendidikan tingkat SLTA di Kabupaten Sumenep menyatakan tidak siap, untuk menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi. Salah satunya karena tidak adanya fasilitas komputer yang memadai, untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.

Selain tidak adanya fasilitas komputer, ratusan lembaga di bawah Dinas Pendidikan tersebut menyatakan bahwa, sampai saat ini pihak sekolah belum mendapat petunjuk untuk melaksanakan UNBK dari pihak dinas pendidikan setempat. Disalah satu sekolah pelaksana ujian, yakni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sumenep, ratusan siswa masih tetap mengerjakan soal Ujian Nasional secara manual.

Kepala Sekolah MAN 1 Sumenep, Abdullah mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendapat petunjuk dari dinas terkait. “Sekolah belum menerima petunjuk dari Dinas. Jadi akhirnya pihak sekolah sepakat, UN dilaksanakan manual saja. Lagi pula, secara peralatan, seperti komputer, masih tidak memadai,” katanya.

Namun kata Abdullah, jika nanti pihaknya diinstruksikan untuk melaksanakan UNBK, pihaknya otomatis akan merealisasikannya. Sebab secara umum, siswa MAN 1 Sumenep, secara mental sudah siap untuk mengikuti UNBK. “Mental siswa kami, sebenarnya siap untuk UNBK.” Jelasnya.

Sementara itu pada  hari pertama pelaksanaan ujian nasional, tercatat hanya ada 2 sekolah yang menyelenggarkan Ujian Nasional Berbasis Komputer di Kabupaten Sumenep. Dua sekolah itu antara lain SMAN 1 Sumenep dan SMKN 1 Sumenep. (kha/shb)