Ringankan Beban Masyarakat Paska Kenaikan Harga BBM Dinas Sosial Bangkalan Akan Kucurkan Bansos Khusus  Inflasi Daerah

Kadinsos Bangkalan, Wibagio Suharta

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk meringankan beban masyarakat paska kenaikan harga BBM, Dinas Sosial kabupaten Bangkalan akan mengucurkan bantuan sosial (bansos) khusus inflasi daerah. “Bantuan khusus inflasi daerah ini diberikan oleh pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang diakibatkan karena adanya  kenaikan harga BBM, ” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan, Wibagio Suharta, Selasa (15/11/2022).

Dikatakan dia, saat ini bantuan khusus inflasi daerah ini masih dalam proses pendataan. “Setelah proses pendataan selesai kita SK -kan ke pak Bupati lalu kita update-kan ke Bank jatim. Proses pendistribusiannya seperti model BLT melalui bank jatim, ” jelas Bagio sapaan akrabnya Kadinsos Bangkalan ini.

Dijelaskan Bagio, penerima bantuan khusus inflasi daerah ini adalah masyarakat kurang mampu yang belum memperoleh bantuan sosial seperti PKH dan BNPT. “Para penerima Bantuan khusus inflasi daerah ini akan dapat bantuan Rp 200 ribu x 3 total nya Ro 600  ribu, ” terangnya.

Ditambahkan Bagio, Bantuan khusus Inflasi daerah ini tidak hanya ada di Dinas Sosial saja, akan tetapi ada 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Bangkalan yang juga mendistribusikan Bantuan khusus Inflasi daerah dari pemerintah pusat.

Selain Bantuan Khusus inflasi daerah Dinsos kabupaten Bangkalan juga melaksnakan program pengentasan kemiskinan melalui program jaring pengaman sosial. “Progarm jaring pengaman sosial ini untuk kemiskinan ekstrim yang ada di  25 desa kemiskinan ektrim yang tersebar 5 kecamatan, ” tutur Bagio.

Kepala Dinas Sosial kabupaten Bangkalan mengharapkan, semua bantuan sosial yang dikucurkan Dinsos bisa mengurangi beban kebutuhan hidup sehari hari masyrakat yang kurang mampu. “Diharapkan Bansos ini bisa mengurangi beban kebutuhan hidup sehari hari dan  meringankan beban mereka dengan adanya kenaikan harga BBM ini, ” pungkas Bagio. (min/shb/*)