HEADLINEKESEHATANTERKINI

Sungai Sak-Sak Positif Lingkungan Penyakit Polio, Ratusan Rumah  Di Survey Dinkes Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Di kabupaten Bangkalan tidak ada kasus Polio, akan tetapi sungai Sak-Sak kelurahan Demangan kecamatan kota Bangkalan dinyatakan positif lingkungan penyakit Polio. Untuk mengantisipasi  penyakit tersebut, Dinas kesehatan kabupaten Bangkalan melakukan survey ratusan rumah yang ada di kawasan sungai tersebut. “Ada 200 rumah yang memiliki anak dibawah umur 15  tahun yang telah kita survey, ” kata Kadinkes Bangkalan, Nur Hotibah melalui Kasi Survelen dan Imunisasi Dinkes Bangkalan, Siska Damayanti, Kamis (01/02/2024)

Dikatakan dia, dalam survey yang dilakukan di ratusan rumah yang memiliki anak usia dibawah 15 tahun di kawasan sungai Sak-Sak itu, petugas mengambil tinja 3 orang anak untuk dijadikan. “Hasilnya ternyata negatif semua dan sehat semua, ” jelas Siska sapaan akrabnya Kasi Survelen dan Imunisasi Dinkes Bangkalan ini.

Selain melakukan Survey ratusan rumah di kawasan sungai Sak-sak, Dinkes Bangkalan juga melakukan pengecekan ke rumah sakit yang ada di kabupaten Bangkalan. “Kita mengecek ke seluruh rumah sakit di bangkalan, apakah ada pasien polio apa ngak, ternyata ngak ada, karena Bangkalan ini hanya daerah terdampak, ” terang Siska.

Ditambahkan Siska, pada SUB PIN polio putaran pertama yang digelar pada 15 Januari hingga 21 Januari, Dinkes Bangkalan melampui target. “Target seluruh sasaran dari propinsi Jawa Timur  127.377 seluruh anak dibawah umur 7 tahun, dan
Minimal yang harus dicapai 95 persen yaitu
121.000 anak. Sedangkan capaian kita 126.063  artinya kita melebihi target, ” pungkas Siska. (min/shb)