HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Tanyakan Progres DAUM Earmark Rp 30 Milyar, Dewan Panggil Disdik

RDP Komisi D DPRD Bangkalan dengan Dinas Pendidikan

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan salah satu OPD yang kecipratan DAUM Earmark sebesar Rp 30 Milyar. Untuk mengetahui sejauh mana realisasi anggaran DAUM Earmark itu, Komisi D DPRD Bangkalan memanggil OPD tersebut. “Kami minta kepada DAUM Earmark yang sudah kita kepras dari anggaran OPD lain sesuai dengan aturan  yang ada ini jangan sampai tidak bisa dilaksanakan dengan alasan waktunya tidak cukup, ” kata Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, H Nur Hasan usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Rabu (02/08/2023)

Dikatakan dia, setelah RDP dengan Disdik, diketahui persoalan lambannya penyerapan DAUM Earmark ini. “Setelah RPD tadi, kami  dapat penjelasan bahwa Disdik sendiri masih menunggu kepastian anggaran dari pemkab yang baru selesai dibahas, ” jelasnya.

Dijelaskan Nur Hasan, dari hasil RDP dengan Disdik, hasilnya, 70 persen DAUM Earmark  bisa dilaksanakan. “70 persen bisa dilaksanakan tahun ini sisanya bisa kita laksanakan pada 2024 nanti. Jadi 70 persen tinggal lelang dan sudah di serahkan ke ULP, jadi kegiatan yang dilelang hari ini harus selesai tahun ini, ” terangnya.

Sementara itu, Plt Kadisdik Bangkalan, Agus Sugianto Zein menjelaskan, disdik bangkalan memperoleh DAUM Earmark sebesar Rp 30 Milyar. “Dana ini untuk pembangunan fisik dan saat ini proses perencanaannya sudah selesai dan sudah kita kirim ke ULP untuk dilelang, ” kata Agus sapaan akrabnya Plt Kadisdik Bangkalan ini.

Dalam pelaksanaan DAUM Earmark ini kata Agus, pihaknya minta pendampingan ke Kejaksaan negeri Bangkalan. (min/shb)