HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Terminal Kota Bangkalan Terapkan Prokes Dengan Ketat Kepada Penumpang Dan Pengusaha Angkutan

Terminal Kota Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Terminal kota Bangkalan menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat kepada para penumpang dan pengusaha angkutan. penerapan prokes ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. “Sejak terminal kota Bangkalan ini ditetapkan sebagai terminal tangguh pada tahun lalu, sejak saat itu kami terapkan prokes secara ketat didalam terminal ini,” kata Ka UPT P3 LLAJ Bangkalan, Abdul Wahab ST,M.SI, Senin (19/07/2021).  

Dengan dijadikan terminal kota Bangkalan sebagai terminal tangguh Covid-19, maka pengelola terminal telah menyiapkan sarana dan prasana prokes bagi penumpang dan pengusaha angkutan. “Di terminal sudah kami siapkan sarana dan prsarana prokes seperti tempat mencuci tangan, hand sanitezer. dan sejak adanya pandemi covid-19 prokes tetap terus kami jalankan,” jelas Wahab sapaan akrabnya Ka UPT LLAJ Bangkalan ini.

Selain menyediakan sarana dan prasana Prokes, pihaknya juga selalu menekankan kepada petugas terminal untuk melakukan himbauan dan soasialisasi prokes. “Kami tetap memberikan penekanan kepada petugas serta teman teman di terminal, bahwa protokol kesehatan harus tetap dijalankan begitu juga dengan himbauan-himbauan dan sosialisasi baik itu secara visual ataupun secara audio tetap kami lakukan kepada penumpang, selain itu teman teman juga melakukan patroli secara rutin untuk mengingatkan masyarakat agar selalu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta selalu mencuci tangan,” terangnya.

Para Penumpang di terminal kota Bangkalan tidak hanya wajib menerapkan prokes, akan tetap bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan jauh disyaratkan  menunjukkan sertifikat vaksin pertama. “Sesuai dengan SE Dirjen Perhubungan Darat, memang penumpang yang akan melakukan perjalanan jauh katagori nya diiatas 250 KM atau 4 jam perjalanan, maka mereka  disyaratkan harus mempuyai  vaksin pertama dan keterangan antigen negatif. setelah itu dilengkapi mereka boleh melakukan perjalanan,” katanya.

Semua aturan di terminal itu kata Wahab, wajib dilaksanakan agas supaya terhindar dari terpaparnya virus Covid-19.  “Kami juga mengajak para kios baik itu agen PO dan kios bis yang disana (terminal red) untuk selalu mengajak masyarakat yang datang ke terminal untuk melakukan protokol kesehatan, dengan harapan kita semua bisa selamat dan pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (min/shb)