HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Upacara Hari Kemerdekaan RI Di Ponpes Al-Hikam Kaskel, Pembaca Do,a Pensiunan TNI Berpangkat Kolonel

pengasuh Ponpes Al Hikam Kaskel KH Hasan Syafii saat membaca teks pancasila

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Upacara hari kemerdekaan RI yang 74 di Ponpes Al-Hikam Kaskel kelurahan Kemayoran kecamatan kota kabupaten Bangkalan pada tahun 2019 ini terbilang Upacara HUT yang sangat Istemewa. Pasalnya, selain bersamaan dengan hari ulang tahun kelahiran Pengasuh ponpes Al-Hikam, Dr KH Mohammad  Hasan Syafi’i, M.Ag, pembaca do,a dalam upacara tersebut adalah pensiunan anggota TNI berpangkat kolenel Kelahiran Langundi Ujung Piring yang tinggal di Jakarata yaitu KH Ansori Achlan MA. Pensiunan TNI tahun 2011 yang juga Alumni IAIN Jogjakarta ini menutup dengan Do,a upacara Kemerdekaan RI di Ponpes Al-Hikam itu.

Upacara yang digelar di halaman SMP Al-Hikam berlangsung hikmad dan diikuti oleh seluruh, guru, Ustad, siswa  dan santri ponpes Al-Hikam. Begitu juga dengan kostum yang dipakai oleh peserta upacara kolaborasi antara siswa dan santri. Yang santri mengikuti upacara memakai sarung sementara yang siswa SMP memakai celana.

 

para santri dan siswa SMP Al-Hikam saat mengikuti Upacara hari Kemerdekaan RI

 

Pengasuh Ponpes Al-Hikam, Dr KH Mohammad  Hasan Syafi’i, M.Ag menjelaskan, adanya peserta upacara Hari Kemerdekaan RI yang memakai sarung itu merupakan tradisi dari Pondok Pesantren. “Ini adalah tradisi pesantren, sebab kemerdekaan bangsa Indonesia ini tidak lepas dari pesantren, pesantren mempunyai investasi yang sangat besar dalam perjuangan kemerdekaan,” kata Kiai Hasan Panggilan akrabnya Pengasuh Ponpes Al-Hikam, Sabtu (17/08/2019).

Dikatakan dia, pada saat perjuangan kemerdekaan, kalangan pesantren terlibat langsung mengantarkan bangsa Indonesia untuk merdeka. “Santri terlibat langsung dalam mengantarkan bangsa Indonesia merdeka, makanya setiap peringatan hari kemerdekaan RI, kalangan santri selalu melaksanakan upacara bendera dengan kostum yang berbeda ada yang memakai sarung ada juga yang memakai celana,” terangnya. .

Seperti upacara hari kemerdekaan RI yang ke 74 yang digelar oleh Ponpes Al-Hikam ini kata Kiai Hasan para pesertanya ada yang memakai sarung ada juga yang memakai celana. “Ya Kolaborasi ini karena santri dan siswa SMP Al-Hikam upacara secara bersamaan dan upacara ini untuk agar mereka tetap memiliki jiwa nasionalisme, dan ini upacara tahun kedua yang dilakukan oleh Ponpes Al-Hikam,” tuturnya.   .

Dalam amanah yang disampaikan dalam upacara hari kemerdekaan RI ke 74 itu, pengasuh Ponpes Al-Hikam, Dr KH Mohammad  Hasan Syafi’i, M.Ag yang menjadi Inspektur Upacara  menganjurkan agar para santri memiliki wawasan kebangsaan dan Islam mederat sebagaimana yang dikembangkan oleh nabi Muhammad Saw.(hib/shb)