Wujudkan Arosbaya Bebas Stunting, Puskesmas Arosbaya Canangkan Pembiasaan Minum Tablet Penambah Darah (fe)

 

pencanangan minum tamblet Fe bagi remaja putri

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk mewujudkan Arosbaya bebas stunting, Puskesmas Arosbaya mengadakan kegiatan Gebyar dan pencanangan Pembiasaan Minum Tablet Penambah Darah (fe) pada remaja putri. “Sasaran dari kegiatan rumaja putri yang  sudah menstruasi.kegiatan ini kami juga untuk mewujudkan Arosbaya bebas stunting,” kata Kepala Puskesmas Arosbaya, Hj Masturah disela-sela acara Gebyar dan pencanangan Pembiasaan minum Tablet Penambah Darah (fe) pada remaja putri di aula SMPN-1 Arosbaya, Selasa (11/02/2020).

Dikatakan dia, Tablet tambah darah (fe)  ini di butuhkan remaja putri untuk mengatasi anemia yang di tandai dengan tubuh mudah lemas atau mudah  pingsan karena mengalami menstruasi. “Dengan mengkonsumsi tablet tambah darah (fe) ini akan menjadikan remaja putri lebih bugar dan berprestasi,” jelas Masturah.

Dijelaskan dia, kenapa sasaran dari pembiasaan minum tablet fe ini kalangan remaja putri ? sebab tablet fe ini  untuk mencegah anemia, untuk persiapan kehamilannnya nanti ketika sudah bersuami. “ Ini adalah kegiatan skundernya dari pencegahan stunting dan puskesmas Arosbaya telah menetapkan hari Selasa untuk minum tablet fe bersama,” terangnya..

Ditambahkan Masturah, data stunting di wilayah kerja puskesemas Arosbaya saat ini 60 orang. “Setelah kita melakukan validasi data jumlah stunting di wilayah kerja Puskesmas Arosbaya, hanya  60 orang, sedangkan data pada Riset kesehatan dasar (rekisdas) tahun 2013 jumlah stunting  diwilayah kerja puskesmas Arosbaya  sebanyak 260 orang,” tuturnya.

Dengan adanya Gebyar dan pencanangan Pembiasaan Minum Tablet Penambah Darah (fe) pada remaja putri ini diharapkan angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Arosbaya menurun. “Kita berharap adanya penetapan hari Selasa untuk minum tablet fe bersama ini, Arosbaya Bebas Stunting,” pungkasnya. (hib/shb)