HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Antisipasi Penyakit DBD, Dinkes Lakukan Abetenisasi Selektif

petugas Dinkes saat melakukan abetenisasi di Kelurahan Pangeranan
petugas Dinkes saat melakukan abetenisasi di Kelurahan Pangeranan

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Untuk mengantisipasi penyakit Demam berdarah dengue (DBD), Dinkes kabupaten bangkalan melakukan abatenisasi selektif di sejumlah desa dan kelurahan yang termasuk daerah endemis DBD. “Abatenisasi selektif ini untuk mengantisipasi jentik agar tidak menjadi nyamuk Aydep Aygesty, kemarin kita melakukan abatenisasi di kelurahan Pangeranan, Jum’at nanti insya Allah kita akan melakukan abatesasi selektif di Kelurahan Pajagan,” kata Kadinkes Bangkalan, Nur Aida Rachmawati melalui Kabid P2PL, Yusuf Walid, Senin (16/11/2015)

Dikatakan Walid, untuk masyarakat yang membutuhkan Abate namun  yang tinggal di  pedesaan, maka supaya meminta abate ke puskesmas terdekat. “Kita sudah menyebarkan 3 ribu kg Abate ke puskesmas-puskesmas, jadi masyarakat yang memerlukan Abate bisa langsung minta di puskesmas dan abate itu gratis,” jelas Walid.

Selain melakukan abatenisasi selektif kata Walid, untuk mengantisipasi penyakit DBD, pada  awal musim penghujan ini, Dinkes menghimbau agar masyarakat membersihkan lingkungan. “Bersih-bersih lingkungan sendiri, melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), dan menembarkan abate,” pungkas Yusuf Walid. (hib/shb)