HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Berkah DBHCHT Ratusan Pelaku UMKM Di Bangkalan Dapat BMU

Pj Bupati Bangkalan, Arief Mulya Edie saat menyerahkan Bantuan secara simbolis

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Berkah adanya Dana Bagi Cukai Hasil cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Bangkalan menerima Bantuan Modal Usaha (BMU) berupa barang. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Pj Bupati Bangkalan, Arief Mulya Edie di Centra IKM di desa Baengas kecamatan Labang kabupaten Bangkalan, Senin (11/12/2023)

Arief sapaan akrabnya Pj Bupati Bangkalan menjelaskan, pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan BMU berupa barang ini adalah para pelaku UMKM yang melakukan produksi berkelanjutan dan bisa menyerap lapangan pekerjaan. “Produksinya tidak hanya saat saat saja atau insidentil, tapi berkelanjutan, ini yang kita bantu, ” kata Arief.

Kedepan kata Arief, para pelaku UMKM akan di kelompokkan. “Misalnya pengrajin batik di Tanjungbumi ada 10 yang memenuhi syarat baru 3, ayo kita kelompokkan, pengrajin batik Tanjungbumi kita jadikan satu area alatnya kita berikan kepada mereka, ” jelasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Disperin Naker kabupaten Bangkalan, Qorry Yuliastutik menjelaskan tujuan pemberian bantuan modal usaha (BMU) berupa barang ini untuk  meningkatkan kualitas hasil produksi para pelaku UMKM di kabupaten Bangkalan.

Dijelaskan dia, jumlah pelaku UMKM yang mengajukan bantuan sebanyak 650 UMKM, akan tetap setelah dilakukan diverifikasi  hanya 503 UMKM yang memenuhi persyaratan. “Tidak sesuai dokumen seperti NIB dan domisili, ” terangnya.

Usai menyerahkan bantuan modal usaha (BMU) berupa barang yang bersumber dari dana bagi cukai hasil tembakau (DBHCHT) kepada pelaku UMKM, Pj Bupati meninjau Bangunan dan kegiatan yang ada di Centra IKM, di mulai dari stand pembuatan jersy dan Bordil serta ke Stand lainnya. (min/shb)