HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Capaian PBB Tahun 2022 84 Persen, Hanya 6 Kecamatan Yang Capai 100 Persen

Plt Bupati Bangkalan Mohni saat menyerhkan piagam penghargaan kepada Camat yang PBB nya mwncapi target 100 persen

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Capaian Target Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2022 Hanya 84 persen, dan hanya 6 Dari 18 Kecamatan yang mencapai 100 persen. 6 Kecamatan itu antara lain : Kecamatan Labang, Modung, Konang, Galis, Tragah dan Kecamatan Sepulu. Kecamatan lainnya capaian PBB nya diatas 70 persen. “Paling rendah itu kecamatan Arosbaya 56 persen, ” kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bangkalan, Ismet Efendy, Sabtu (11/02/2023)

Belum tercapainya target pada 12 kecamatan  itu disebabkan karena kondisi desa  di masing masing kecamatan yang tidak sama.  “Kondisi desa ini kan memang tidak sama, semoga tahun ini situasi sudah bukan covid lagi dan target PBB bisa ditingkatkan lagi, kecamatan yang mencapai 100 persen bisa nambah dan  lebih dari 6 kecamatan yang lunas, ” jelas Ismet sapaan akrabnya Kepala Bapenda Bangkalan ini.

Dijelaskan Ismet jika dibandingkan tahun sebelumnya, capai target PBB pada tahun 2022 ini meningkat. “Total tahun ini 84 persen, tahun kemarin 76 persen, ” terangnya.

Ditambahkan Ismet, untuk mencapai target PBB 100 persen, Bapenda telah berupaya semaksimal mungkin diantaranya bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Bangkalan. “Jadi satu bulan sebelum jatuh tempo,  bagi desa yang masih di bawah 80 persen itu dipanggil oleh kejaksaan,  *akibat itu langsung banyak yang melunasi berkat bantuan dari kejaksaan sehingga capaian target PBB lebih meningkat dari tahun sebelumnya, “tuturnya.

Selain itu kata Ismet, pihaknya memberikan piagam penghargaan kepada Camat yang target PBB nya mencapai 100 persen. (min/shb)