TERKINI

DKP Bangkalan Tempatkan GPM Serentak Nasional Tahun 2024 di Kecamatan Kamal

pembukaan GPM Nasional di pendopo kecamatan Kamal

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kabupaten Bangkalan menempatkan Gerakan Pangan Murah (GPM) Nasional di kecamatan Kamal kabupaten Bangkalan. “Kegiatan Gerakan pangan  Murah ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, untuk kabupaten Bangkalan kita tempatkan di kecamatan Kamal, ” Kata Plt DKP Bangkalan, Ainul Ghufron di sela sela kegiatan GPM Nasional yang ditempatkan di kecamatan Kamal, Senin (01/04/2024)

Dikatakan dia, dipilihnya kecamatan Kamal sebagai tempat GMP Nasional karena paska jembatan Suramadu, perekonomian di pelabuhan kamal mati. “Tempat yang kita pilih ini atas petunjuk bapak Pj Bupati Bangkalan, ” jelas Ainul sapaan akrabnya Plt DKP Bangkalan ini.

Dijelaskan Ainul, pelaksanaan GMP serentak Nasional ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Radiogram Kementerian Dalam Negeri Nomor:500.2.3/1563/SJ tanggal 30 Maret 2024 perihal Pengendalian Inflasi Daerah melalui Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional Tahun 2024  “Kita kemas dengan
kegiatan berupa Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional menjelang ldul Fitri
1445 H, ” terangnya.

Plt Kepala Dinas Ketahanan pangan, saat melayani masyarakat membeli beras

Ditambahkan Ainul, ada dua agenda yang dilakukan pada kegiatan GMP serentak secara nasional yang di gelar di kecamatan Kamal itu. “Kegiatan pagi tadi, diawali dengan apel siaga menjelang idul fitri 1445 H dengan  gerakan pangan murah serentak nasional tanggal 1 April 2024. Kemudian zoom meeting pengendalian inflasi daerah dengan langkah-langkah strategis dan konkrit pemerintah baik pusat maupun daerah, ” tuturnya.

Dalam kegiatan GPM ini kata Ainul, kabupaten Bangkalan sudah 4 kali menggelar GPM. yang pertama Bekerja sama dengan pemprop jatim pada tanggal 8 Maret 2024 ditempatkan di kelurahan Pangeranan kecamatan kota, yang kedua Pemkab Bangkalan bekerjasama dengan Bulog, CV Markshal Grup, Prima Frozen, Kadin, HIPMI, OPD terkait seperti DKP, Disdag, Diskop UMKM, Disperta, Dinas Peternakan, Disperinaker, Dinas Perikanan, Dishub, Bappeda, BPKAD, Satpol PP, bagian perekonomian, dan OPD yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), semua bahu membahu kompak dan serius dalam penanganan inflasi daerah. “Pada  Tanggal  18-19 Maret lalu kita menggelar GPM di depan pendopo agung jln Letnan Abdullah itu GPM yang ketiga dan .GPM yang ke empat dilakukan selama 2 hari  serentak nasional pada hari ini tanggal 1 -2 April 2024, dan Besok tanggal tanggal 2-3 april 2024 Di Bawah prakarsa DANDIM 0829 di sepanjang jln Letn Abdullah,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bangkalan ini mengharapkan melalui gerakan pangan murah serentak nasional  mampu berkontribusi positif dalam pengendalian inflasi didaerah. “Artinya semakin cakupannya lebih luas maka semakin dirasakan dampaknya oleh masyarakat terutama menghadapi hari raya idul fitri yang sebentar lagi akan tiba, ” pungkasnya. (min/shb)