PENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Keterbatasan Sarpras, SMPN di Bangkalan  Laksanakan Kegiatan Pondok Ramadhan Type C

Kabid SMP Disdik Bangkalan Heru

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Karena keterbatasan sarana dan prasarana (Sarpras) SMP Negeri dan swasta di kabupaten Bangkalan menerapkan type C dalam pelaksanaan kegiatan Pondok Ramadhan. “SMP di Bangkalan tidak memilki sarana dan prasaran untuk menginap, maka dalam kegiatan pondok Ramadhan ini kita terapkan type C, ” kata Kabid  SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Heru Ali Wardhana, Kamis (30/03/2023)

Dijelaskan dia, pelaksanaan pondok Ramadhan ini ada 3 type yaitu type A, type B dan type C. “Kalau type A itu, pondok Ramadan dilaksanakan selama 3 hari 2 malam siswa menginap di sekolah,  sedangkan type B dilaksanakan  3 hari  1 malam  siswa menginap dan type C dilaksanakan 3 hari tanpa menginap, ” jelas Heru sapaan akrabnya Kabid SMP Disdik Bangkalan ini.

Selain karena tidak memiliki sarana dan prasarana tempat untuk menginap siswa, diterapkannya type C kegiatan pondok Ramadhan ini, juga karena resiko. “Resikonya karena siswa harus menginap, sementara kita tidak ada tempat untuk menginap. Karena keterbatasan sarana dan prasarana itulah maka kita terapkan pondok Ramadhan type C, ” terang Heru

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan Pondok Ramadhan, sesuai dengan Surat edaran (SE) Kadisdik Bangkalan yang disampikan ke Sekolah sebelum Bulan suci Ramadhan Efektif fakultatif. “Waktu pelaksanaanya diatur oleh sekolah masing masing.” katanya.

Ditambahkan Heru, dari Hasil Monitoring yang dilalukan Disdik Bangkalan, sudah ada sekolah yang melaksanakan kegiatan pondok Ramadhan. “Sudah ada sekolah yang melaksanakan,  kegiatan pondok Ramadhan, ” pungkasnya. (min/shb)