HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Ketua PWI Bangkalan Beri Pelatihan Jurnalistik Kepada Kru LPM IQRO’ STIUDA Pakong Modung

Bangkalan,maduranewamedia.com-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangkalan, Moh Amin, S Ag, M.I.Kom memberikan  pelatihan jurnalistik kepada Kru Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) IQRO’ Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam (STIUDA) Desa Pakong Kecamatan  Modung Kabupaten Bangkalan. “Kegiatan ini untuk meningkatkan SDM LPM IQRO’ khusus dalam penulisan  berita, ” kata Pimpinan umum LPM IQRO, Mahrus Ali, disela sela acara Kajian wawancara dan pembuatan Berita, Sabtu (09/10/2021).

Dalam acara yang digelar di Auditorium ponpes Darussholeh An Nawawiyah semua kru LPM IQRO’ mulai dari Staf Redaksi, HRD dan Sekretaris LPM sangat antusias mengikuti materi jurnalistik yang disampaikan  oleh Ketua PWI Bangkalan, Moh Amin.

Pada saat menyampaikan materi, Amin sapaan akrabnya Ketua PWI Bangkalan menjelaskan tentang unsur unsur penting dalam penulisan berita. “Penulisan berita.Dalam tata cara penulisan  berita wartawan harus  menggunakan tujuh unsur penting, yakni 5W + 1H dan S (sekuriti),” kata Amin.

Selain menyampaikan materi dalam penulisan berita, Amin yang mantan wartawan harian Duta Masyarakat ini juga menjelaskan bagaimana wartawan  tetap menjaga kesehatan kode etik jurnalistik ada saat menulis berita.

Amin berpesan kepada peserta pelatihan jurnalistik agar wartawan tetap menjaga emosi. ‘Kalau dalam keadaan emosi jangan  menulis berita, karena dikuatirkan akan  mempengaruhi kepada berita yang kita tulis,” terangnya.

Setelah memberikan materi jurnalistik Ketua PWI Bangkalan memberikan tugas kepada semua peserta untuk menulis berita. Amin memuji peserta pelatihan mahasiswa STIUDA yang bergabung ke dalam LPM IQRO” Setelah melihat hasil tulisan dari peserta pelatihan. “Luar biasa tulisannya sudah bagus bagus semuanya, “pungkasnya.(min/shb)