HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Kodim 0826/Pamekasan Serahkan 120 Hand Traktor Kepada Kelompok Tani Se-kabupaten Pamekasan

Hand tractor bantuan dari Pemerintah Pusat
Hand tractor bantuan dari Pemerintah Pusat

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com–  Untuk meningkatkan produksi tanaman padi di kabupatean pamekasan Madura, kementerian Pertanian RI,  memberikan bantuan sebanyak 120 unit hand traktor kepada kelompok tani di 13 kecamatan di kabupaten pamekasan. Bantuan hand tractortersebut merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten Pamekasan hanya menerima dan menyalurkannya.

Pemberian bantuan itu Bertempat di halaman Makodim 0826 Pamekasan, sebanyak 120 unit hand traktor bantuan kementerian pertanian, Jumat (1/4/2016) diserahkan kepada 120 kelompok tani (poktan) se Kabupaten Pamekasan yang belum pernah mendapat bantuan serupa sebelumnya dari pemerintah.

Dandim 0826/Pamekasan, Letkol Arm Mawardi melalui Kepala Staf Kodim  (Kasdim) 0826, Mayor Inf Atjep Hindarsjah mengharapkan, bantuan itu akan mampu meningkatkan hasil panen padi petani namun jika terjadi penyimpangan, maka hand traktor yang diserahkan terancam ditarik kembali.“Sudah mau tidak mau kita tarik, kita proses sesuai aturan karena alat  ini dikasih negara, pertanggung jawabannya berat karena banyak petani yang menginginkan tapi ini sesuai dengan RDKK kelompok yang ada berapa jumlah yang harus kita kasihkan, makanya yang awal ini 120 nanti datang lagi 80 semuanya 200,” kata Mayor Inf Atjep Hindarsjah.

Menurutnya masih banyak poktan yang juga ingin mendapat bantuan hand tractor . Hanya saja tidak semua bisa menerima karena jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, hand tractor yang diberikan pada poktan akan diawasi agar tidak diselewengkan.

Disamping akan dicek ke bawah, poktan juga diminta melapor secara berkala. Jika diketahui ada penyelewengan, seperti dijual atau dikuasai ketua kelompoknya saja, maka akan ditindak tegas. “Bantuan Ini hand tractor diberikan gratis oleh negara. Pertanggung jawabannya berat. Sebenarnya bantuan tahun ini 200 unit. Hanya tahap awal ini masih 120 unit, 80 unit sisanya akan diberikan di tahap dua nanti,” katanya,

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Pemkab Pamekasan, Slamet Budiarsono mengatakan, dari 1.015 poktan se Kabupaten Pamekasan, kemampuan pemerintah baru bisa memberikan sebanyak 120 unit handtraktor. “Jumlah poktan se kabupaten Pamekasan itu sebanyak 1.015 kelompok tani sedangkan bantuan dari pusat ini jumlahnya 120 hand traktor yang dibantukan kepada 120 kelompok tani,” kata  Slamet Budiarsono.

Diharapkan, 80 unit hand traktor lainnya bisa segera diserahkan pada bulan ini, mengingat musim penghujan akan segera berakhir pada pertengahan tahun, sesuai prakiraan cuaca BMKG.(rhm/shb)