HEADLINEHUKUM & KRIMINALTERKINI

Pelanggar Tidak Pakai Helm Dominasi Pelanggaran Pada Operasi Patuh Semeru 2023

KBO Lantas Polres Bangkalan, Iptu Pariadi

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Pelanggar tidak memakai helm mendominasi pelangaran pada operasi Patuh Semeru tahun 2023 yang digelar oleh Polres Bangkalan. “Dari 273 pelanggar R2, 170 pelanggar tidak memakai helm, ” kata Kasatlantas Bangkalan, AKP Anindita Harcahyaningdyah , S.I.K. melalui  KBO Lantas IPTU Pariadi, SH, Kamis (27/07/2023)

Dikatakan dia, jumlah pelanggar lalu lintas pada operasi patuh Semeru 2023 masih tinggi. “Total pelanggar operasi patuh Semeru selama 14 hari ada 273 pelanggar, ” jelas Pariadi panggilan akrabnya KBO lantas Polres Bangkalan ini.

273 pelanggar itu kata Pariadi, R4 ada 4 pelanggaran dengan jenis pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman, sementara R2 ada 273 pelanggar dengan jenis pelanggaran tidak memakai helm 170 pelanggar, melawan arus 52 pelanggar,
Boncengan lebih dari satu  7 pelanggar dan pelanggaran lainnya 44 pelanggar.

Selain pelanggaran yang cukup tinggi, angka kecelakaan lalu lintas selama operasi Patuh Semeru 2023 juga tinggi. “Selama operasi Patuh Semeru laka lantas sangat tinggi, yang meninggal dunia (MD) 6 orang, dalam kurun waktu 14 ini cukup tinggi, ” terangnya.

Ditambahkan Pariadi, total kejadian laka lantas selama operasi patuh Semeru ada 40 kasus dengan rincian, meninggal dunia (MD,) 6 orang, Luka Berat (LB) 0, Luka Ringan (LR) 49 orang dengan total kerugian materi Rp. 59.500.000.

Meskipun operasi patuh Semeru telah selesai, KBO lantas Polres Bangkalan mengharapkan agar supaya masyarakat tetap Tertib berlalu lintas. “Harapan kami masyarakat  tetap tertib tetap, disiplin dan tetap mematuhi peraturan. Sebab suatu kecelakaan lalu lintas dimulai dari pelanggaran lalu lintas, kurang hati hati dan tidak mematuh marka jalan, ” pungkasnya. (min/shb)