HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pelayanan BPN Bangkalan Buruk  RAR Gelar Aksi Unjuk Rasa

Aktivis RAR saat unjuk rasa

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Sekitar 15 orang massa dari LSM   Rumah Advokasi Rakyat (RAR) mendatangi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangkalan. Kedatangan mereka menyoal lambatnya  pembuatan  sertifikat tanah. “BPN makin gak beres melayani masyarakat, satu contoh ada orang yang menang lelang dari Bagian lelang negara, setoran semua pajak lengkap  tapi kenapa diblokir dengan data permintaan yang makelar tanah inikan gak boleh sampai sekarang belom ada kepastian,” teriak koorlap aksi Risang Bima Wijaya saat orasi di depan kantor BPN Bangkalan, Rabu (14/09/2022).

Dikatakan  Risang sapaan akrabnya Koorlap aksi RAR  ini, pihaknya meminta kepada kepala BPN dan stafnya agar melayani masyarakat dengan baik dan jangan dipersulit. “Salah satu contoh dari kinerja BPN  yang ngak beres itu orang yang menang lelang masih harus disuruh mengurus surat jual beli tanah melalui Notaris padahal surat  lelang sebagai pengganti jual beli,” jelas Risang.

Selain itu kata Risang, keluarnya  sertifikat lama sekali sampai 5 tahun belum keluar “Kalau kita bandingkan PTSL ribuan sertifikat hanya selesai 6 bulan,akan tetapi masyarakat biasa dibuat kesal menunggu sertifikat sampai puluhan tahun,” terang Risang.

Dijelaskan Risang, BPN Bangkalan sering melakukan  hal yang buruk pada  tahun ini. “Banyak kasus yang di BPN yang harus mendapatkan sorotan yakni masalah tukar guling tanah negara dengan cara formulir kosong tidak ada apa-apanya,tapi tanah negara yang dipinggir jalan lalu dijadikan perumahan ditukar guling di puncak sana yang tidak bisa dimanfaatkan, maslah tukar guling ini yang kami tuntut ke BPN Bangkalan,” tuturnya.

LSM RAR kata Risang,menghimbau kepada semua masyarakat yang mengalami kesulitan dalam mengurus sertifikat tanahnya silahkan datang langsung ke kantor BPN Bangkalan,”Untuk urusan sertifikat tanah ini mudah sekali akan tetapi dipersulit lalu di arahkan ke notaris,kita semua tau sendiri kalau urusan sama notaris itu mahal karena itu saya menyarankan kepada masyarakat Bangkalan yang merasa dipersulit urusan tanah di BPN,ajak keluarganya dan sanak kerabat demo ke BPN insya Allah akan selesai gak sampai 1 tahun,” katanya.

Kepala BPN Bangkalan tidak menemui 15 aktivis LSM   RAR yang melakukan aksi demo  itu  mereka hanya ditemui Staf kantor tersebut. (edi/shb)