HEADLINEPERISTIWATERKINI

Pemuda Desa Langkap Pertahankan Tradisi Patroli Keliling Kampung Bangunkan Warga Untuk Santap Sahur

Aktivitas anak anak muda saat Patroli keliling kampung

Bangkalan-Maduranewsmedia.com- Sekelompok anak muda di desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan tetap mempertahankan tradisi patroli keliling kampung membangunkan warga untuk besantap sahur.  Dengan membawa kentongan dan alat musik seadanya, sekelompok anak muda berkeliling kampung saat mendekatu waktu makan sahur. “Kami semua gak ada yang  tidur, sejak pukul 1 dini hari kami bersiap untuk membangunkan warga,” kata  Koordinator Grup Patrol Sahur desa Langkap, Andi, Sabtu (09/04/2022).

Dikatakan Andi, selama ini kelompok Patrol ini yang dipimpinnya mengaku senang bisa membangunkan warga untuk bersantap sahur. pada saat membangunkan warga, kelompoknya mendendangkan salawat dan lagu dengan judul niat puasa. “Senang bisa membangukan warga untuk santap sahur. kami membangunkan warga  dengan alat seadanya yang didapatkan di rumah kami, sepertin kentongan, drum cat dan alat musik lainnya,” jelas Andi,

Dijelaskan Andi, respons masyarakat terhadap aktivitas membangunkan warga untuk makan sahur cukup baik,  banyak warga yang mengaku terbantu dengan aktivitas grup patrol sahur yang dilakukan kelompoknya, sebab mereka bisa bangun lebih awal untuk mempersiapkan hidangan santap sahur. “Alhamdulilah masyarakat kampung Langkap khususnya terbantu dengan kehadiran kami semua, Kalau ditegur nggak pernah Justru banyak anak-anak dan orang tua nya yang keluar rumah melihat kami yang melintas di depan rumahnya,” terangnya.

Sementara itu Agus salah seorang warga desa Langkap  yang melihat aksi Patrol membangunkan orang untuk sahur itu mengaku terbantu. “Ya memang sepatasnya kawula muda yang menggantikan warisan orang terdahulu membangunkan orang untuk sahur, saya mengakui sangatlah terbantu dengan adanya Patrol keliling kampung yang dilakukan anak anak muda ini,” pungkasnya. (edi/shb)