HEADLINEPERISTIWATERKINI

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Warga Kampung Kangenan Barat Langkap Baca Solawat Dari Rumah Ke Rumah

Suasana peringatan Maulid Nabi di kampung Kangenan Barat

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Ada tradisi menarik yang dilakukan oleh warga kampung Kangenan Barat desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan didalam memperingati Maulid nabi Muhammad SAW.  Tradisi masyarakat kampung tersebut  membaca solawat nabi dari rumah ke rumah.”Kami melestarikan tradisi dari sesepuh, tradisi membaca solawat dari ke rumah ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun silam,” kata pemuda Kampung Kangenan Barat Abdul Azis, Rabu (27/09/20023).

Dikatakan dia, pembacaan solawat nabi dari rumah ke rumah ini diikuti oleh semua keluarga laki laki dan perempuan.  “Ada yang unik selama 5 tahun ini biasanya kaum lelaki saja sekarang kaum perempuan juga ikut,” jelasnya.

Dijelaskan Abdul Azis, dalam menyambut para undangan ini, tuan rumah berbeda beda. Sebagian tuan rumah  menyediakan tumpeng dan buah-buahan,serta makanan ringan yang banyak disukai oleh anak-anak. “Tak heran jika anak-anak selalu berebut buah-buahan dan makanan ringan itu, ” ujarnya.

Sementara itu ketua RT Dusun Kangenan Barat, Morsed mengatakan,  adanya peringatan maulid nabi dengan membaca solawat dari rumah ke rumah  seperti ini menambah rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW. “Alhamdulillah acara berjalan lancar sejak tadi pagi sampai sore hari pembacaan solawat dari rumah ke rumah warga, Semoga yang hadir mendapatkan barokah dan syafaat dari Muhammad SAW dan semoga  tahun depan lebih meriah, ” pungkasnya (edi/shb)