HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

PKBM Al Karomah Blega Satu Satunya PKBM Yang Laksanakan Ujian Kesetaraan Kejar Paket C Mandiri

kabid PAUD dan PNF saat foto bersama

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Dari 16 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang melaksanakan Ujian Kesetaraan (UK) kejar Paket C (setara SMA) tahun ajaran 2022-2023, hanya PKMB Al Karomah di desa Karang Gayam kecamatan Blega kabupaten Bangkalan, satu satu PKBM yang melaksanakan UK secara Mandiri. “Hasil monitoring yang kami lakukan pada hari terakhir pelaksanaan UK kejar paket C ini, Alhamdulillah PKBM Al Karomah telah melaksanakan UK mandiri,”  kata Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Dra Hj Soelistijawati, Ahad  (14/05/2023)

Dikatakan dia, di PKMB Al Karomah ini warga belajar mengerjakan soal ujian dengan Laptop. “Menurut penjelasan penyelenggara mas Eka Afna Setyawan S.T,  pelaksanaan UK di PKBM Al Karomah ini mandiri dengan memakai moda daring (laptop) secara online, jadi  PKBM ini  tidak lagi menumpang di sekolah seperti PKBM lain, karena dilaksanakan secara mandiri jadi disini memiliki laptop sebanyak 10 dimana pengerjaan soal dari laptop ini langsung secara online ke pusat, ini perbedaannya kalau yang menumpang di sekolah itu biasanya proktor yang mengupload seluruh pelaksanaan dan hasil jawaban, ” jelas Tia sapaan akrabnya Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan
.
Dijelaskan Tia, jumlah peserta ujian kesetaraan paket C yang berlangsung dari kemarin dari tanggal 13 s/d 14 di PKBM Al Karomah 20 warga belajar.  “Peserta di PKBM ini 38 orang, peserta yang  ikut tanggal 13 berjumlah 20 orang dan peserta pada tanggal 14 sebanyak 18 orang, ” terangnya.

Setelah dari PKBM Al Karomah Blega, Kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan ini melanjutkan monitoring ujian Kesetaraan ke PKBM Kartini di desa Pakaan Dejeh kecamatan Galis. “Di PKBM ini pesertanya 11 orang, tempat ujian menumpang  di MTs Arrowiyah Modung, karena PKBM ini menumpang jadi pelaksanaan semi online, ” tuturnya.

Sementara itu, bKetua PKBM Al Karomah Blega, Eka Afna Setyawan S.T, menjelaskan pelaksanaan UK kejar Paket C di PKBM Al Karomah sempat ada kendala. “Alhamdulillah pelaksanaan ujian kesetaraan tahun 2023 di PKBM Al karomah berjalan aman nyaman dan lancar, walaupun pada hari pertama terjadi sedikit kendala yaitu seringnya server pusat yang terputus. Namun kendala tersebut dapat teratasi oleh bantuan tim teknik kabupaten Bangkalan dan hari kedua Alhamdulillah berjalan lancar,” pungkasnya (min/shb)