HUKUM & KRIMINALPERISTIWATERKINI

Polres Bangkalan Selesaikan Kasus Pencurian  Patung Bunda Maria Di Gereja Kamal Melalui  Restorative Justice

Wakapolres Bangkalan, Kompol Andi didampibgi Kasihumas Polres Bangkalan, IPTU Risna saat konfrensi Pers

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Kasus pencurian sejumlah benda termasuk patung bunda Maria di gereja Ima Culata, desa Tellang kecamatan Kamal kabupaten Bangkalan yang terjadi pada  tanggal 17 Februari 2024 akhirnya diselesaikan dengan Restorative Justice. (Penyelesaian tindak pidana dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku Red)

Kamis (21/03/2024)  siang, Wakapolres Bangkalan Kompol Andi Febrianto Ali, S.E. didampingi Kasatreskrim AKP Heru Cahyo Seputro, S.H., M.H., Kapolsek Kamal AKP Andi Bakhtera Indera Jaya, S.E., S.H., dan Kasihumas Iptu Risna Wijayati, S.H. menggelar Restorative Justice (RJ) untuk kasus pencurian di gereja tersebut.

Tak hanya dihadiri oleh Wakapolres dan beberapa pejabat, konferensi pers Restorative Justice ini juga dihadiri langsung oleh Romo Purnomo yang merupakan penanggung jawab gereja sekaligus tokoh agama katolik di Desa Tellang, Kamal.

Kompol Andi menjelaskan jika kasus ini berakhir dengan Restorative Justice. Menurut sang Wakapolres, pihak gereja telah mencabut laporan dan memaafkan pelaku berinisial MZ tersebut.

“Alhamdulillah di bulan Ramadhan yang suci ini pihak dari Gereja Ima Culata desa Tellang telah mencabut laporan polisi. Dengan begitu, maka otomatis ketika LP dicabut, gugur secara hukum,” terang Wakapolres Bangkalan tersebut.

Kompol Andi juga mengapresiasi langkah yang diambil oleh Romo Purnomo. Hal ini menunjukkan jika keharmonisan dan kerukunan beragama di Indonesia khususnya di kabupaten Bangkalan tetap terjaga dengan baik.

“Ini adalah bentuk memaafkan dan berharap kejadian serupa ini tidak terulang kembali di kemudian hari,” tambah Kompol Andi.

Romo Purnomo selaku penanggung jawab gereja tersebut mengatakan jika pihaknya telah memaafkan MZ dan berharap adanya perubahan dalam diri MZ di kemudian hari.

“Ini termasuk bagian dari Pra Paskah. Merupakan sebuah pedoman kasih untuk mengasihi dan mengampuni,” ujar Romo Purnomo.

Seperti diketahui Polres Bangkalan telah menangkap MZ pada pertengahan Februari bulan lalu. Sejumlah barang bukti termasuk 2 patung bunda maria dan yesus berhasil diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Kamal. Kini, MZ siap menghirup udara bebas setelah menyelesaikan proses administrasi berkas restortive justice (RJ) di polsek Kamal. (hum/shb)