HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Program dan Kegiatan Anggaran Daerah kabupaten Bangkalan Tahun 2023 Disetiap OPD Sebaiknya Dibuka Ke Publik

Moch Iksan

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Salah seorang anggota tim percepatan pembangunan daerah kabupaten Bangkalan menyarankan agar kabupaten Bangkalan yang saat ini dipimpin oleh PLT Bupati Bangkalan, Drs Mohni menempuh langkah berani untuk terbuka kepada publik. “Langkah terbuka yang dimaksud adalah persoalan keterbukaan semua program dan anggaran kegiatan pemerintah daerah kabupaten Bangkalan untuk tahun anggaran 2023 yang saat ini mulai berjalan agar dibuka ke publik, “kata anggota tim percepatan pembangunan daerah kabupaten Bangkalan, Moh Iksan, Sabtu (28/01/2023)

Dikatakan dia, sebaiknya semua program dan anggaran kegiatan disetiap OPD untuk dibuka ke publik agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses semua program pemerintah sehingga keterbukaan antara pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan bisa berlangsung dengan baik. “Diharapkan langkah terbuka ini akan menjawab tudingan bahwa pemerintah selama ini tertutup memunculkan dugaan dugaan negatif dari masyarakat terhadap pemerintah , hal ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan audensi bahkan unjuk rasa dan penyampaian aspirasi lainnya disebabkan oleh adanya miskomunikasi karena terbatasnya akses terhadap penyelenggaraan program pemerintah,” jelas Iksan.

Iksan menyampaikan bahwa pemerintah daerah saat ini perlu menempuh langkah terbuka karena memang diamanatkan oleh UU KIP hal ini juga dalam rangka merespon peran serta masyarakat dalam setiap penyelenggaraan program pemerintah. “Untuk saat ini pemerintah daerah tentu harus berpikir untuk bisa menempuh jalur kebijakan luar biasa , sepanjang bukan kebijakan yang dilarang oleh aturan, ” terangnya.

Iksan memprediksi jika pemerintah daerah mau terbuka , maka kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah akan terbangun dengan baik . serta akan menghasilkan peran serta masyarakat yang tinggi khususnya dalam persoalan investasi. “Apa salahnya jika bisa terbuka daripada pemerintah dianggap tertutup sehingga menimbulkan sak wasangka negatif , yang pada akhirnya membuat perjalanan program pemerintah menjadi tidak efektif, ” tambah Moh Iksan .

Apa yang disampaikan itu hanyalah saran. “Ini saran ya , dilaksanakan silahkan , tidak dilaksanakan terserah pemerintah daerah ,tetapi saya berharap pemerintah daerah kabupaten Bangkalan dibawah PLT Bupati ini dapat menjalankan keterbukaan publik ini dengan sebaik baiknya , sebagai jejak kebijakan yang baik walaupun masa jabatannya sangat singkat, ” pungkas Iksan. (rls/shb)