KESEHATANPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Program UHC Mau Dihapus DKR Lakukan Audensi Ke DPRD Bangkalan

Audensi DKR dengan Komisi D DPRD Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pemerintah berencana akan menghapus program Universal Health Coverage (UHC). Untuk memastikan rencana pemerintah itu,  Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kabupaten Bangkalan melakukan audensi dengan Komisi D DPR Bangkalan. “Awalnya kami kira program dari pemkab Bangkalan akan dihapus karena kehabisan anggaran, akan tetapi setelah kami beraudiensi, problem permasalahan terpecahkan,” Kata ketua DKR Bangkalan, Muhyi usai audensi dengan Komisi D di ruang Banggar DPRD Bangkalan, Senin (20/06/2023).

Dikatakan dia, masyarakat sudah nyaman dengan program UHC ini. “Makanya DKR akan memperjuangkan program UHC ini, dan sejak awal DKR  memperjuangkan program ini, dan sekarang masyarakat  sudah merasakan manfaat dari program UHC ini, oleh sebab itu jangan sampai karena teknis dan anggaran yang kurang program UHC   berhenti dan masyarakat susah lagi untuk berobat, ” jelas Muhyi.

Ketua DKR Bangkalan mengharapkan, agar supaya data yang tidak dipakai dihapus supaya anggaran untuk UHC  tidak membengkak. “Sisa anggaran kita saat ini Rp 49Milyar,  bagaimana sisa anggaran itu cukup tentunya harus di konsolidasikan terkait data kependudukan, Nanti kedepannya masyarakat yang tidak ada datanya itu segera di hapus agar supaya anggaran jadi efisien,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Nur Hasan meminta kepada stakeholder terkait agar segera menonaktifkan data yang tidak terpakai, “Sudah kami pastikan bahwa Rp 49 Milyar yang Pemerintah siapkan sudah tidak ada kekurangan, makanya kepada Dispendukcapil dan BPJS data yang tidak ada orangnya harus segera di nonaktifkan biar pelaksanaan UHC berjalan efektif,” pungkasnya (edi/shb)