HEADLINEOLAH RAGAPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Raskin di Bangkalan Belum Didistribusikan

Kabag Perekonomian Setkab Bangkalan, Joko Sutrisno

Kabag Perekonomian Setkab Bangkalan, Joko Sutrisno

Bangkalan, Maduranewsmedia.com – Sampai akhir bulan Januari tahun 2016 ini, Beras untuk masyarakat miskin (Raskin) belum di distribusikan. Padahal masyarakat miskin sangat membutuhkan beras tersebut. Kabag Perekonomian Setkab Bangkalan, SA Joko Sutrisno ketika dikonfirmasi masalah tersebut mengatakan bahwa pendistribusian Raskin masih menunggu sosialisasi. “Pendistribusian raskin saat ini masih menunggu sosialisasi yang akan kita lakukan dalam minggu ini,” kata Joko Sutrisno, Senin (25/01/2016)

Dikatakan Joko Sutrisno, untuk pagu raskin tahun 2016 ditetapkan sama dengan pagu raskin tahun 2015 yaitu sebesar 1.276.020 kg atau 85.068 Rumah tangga sasaran penerima manfaat. “Mereka akan menerima raskin 15/kg selama 12 bulan dengan harga tebus Rp 1.600. Per netto,” jelas Joko Sutrisno.

Selain menunggu sosialisasi kata Joko Sutrisno, pendistrubisian raskin ini juga masih menunggua Daftar Penerima Manfaat (DPM) terbaru dari desa dan kecamatan. “Desa dan kecamatan harus siap data terbaru, dan harus segera di setor,” terangnya.

Sebab kata Joko, dikuatirkan ada Rumah Tangga Sasasaran Penerima Manfaat (RTSPM) yang sudah meninggal dunia namun masih ada dalam Daftar penerima manfaat (DPM). “Oleh sebab itu desa harus segaera menyerahkan data DPM terbaru, takut ada RTSPM yang meninggal, ada yang pindah alamat dan RTSPM yang dulunya miskin sekarang sudah mampu,” tuturnya.

Ditambahkan Joko Sutrisno, untuk pagu Raskin tahun 2016 ini jumlahnya sama dengan pagu raskin tahun 2016.”Kalau untuk perubahan data penerima manfaat akan terjadi nanti pada pertengahan tahun. Perubahan itu terjadi di APBN-P, ya bisa ada penambahan, juga bisa ada pengurangan,” pungkasnya.(hib/shb)