HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Sambut Tahun Baru Islam Ponpes Kanzul Ulum Bringen Langkap Gelar Pawai 1000 Obor Keliling Kampung

Pawai 1000 obor

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Dalam rangka menyambut tahun Baru Islam atau malam tanggal 1 Muharram 1444 Hijriyah, pondok pesantren Kanzul Ulum Bringen desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan menggelar pawai 1000 obor keliling kampung. “Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar,  menyambut tahun baru Islam memang kami agendakan setiap tahunnya dan dikemas dengan pawai 1000 obor keliling kampung, “kata Pengasuh Ponpes Kanzul Ulum Langkap, Drs H Muhdhori Abd Rahman, Selasa malam (18/07/2023).

Dikatakan dia, tidak hanya pawai 1000 obor ada rangkaian acara lainnya. “Sebelum acara inti dimulai, pertama  kita lakukan pembacaan yasin dan  mahallul qiyam sholawat dan setelah itu pawai obor  berkeliling kampung kangenan di iringi dengan Hadroh sholawat, Setelah pawai acara ditutup dengan nobar film Gatot Kaca film yang menceritakan sosok seorang pemimpin yang bijaksana, ” jelas Kiai Muhdhori sapaan akrabnya Pengasuh Ponpes Kanzul Ulum ini.

Dijelaskan kiai Muhdhori, parade obor ini sebagai simbol untuk meningkatkan motivasi  santri dan warga sekitar  “Acara kali ini  diikuti oleh oleh semua unit mulai dari TK, MI, SMP, SMK dan acara ini juga terbuka untuk umum dan warga sekitar yang ingin menyaksikan. tujuan diadakanya parade obor keliling sembari membaca burda  untuk meningkatkan motifasi belajar santri serta masyarakat sekitar agar lebih baik dari tahun sebelumnya, ” terangnya.

Diharapkan dengan adanya acara yang dilaksanakan rutin setiap tahun bisa mempererat tali silahturahmi antar santri dan alumni. “Semoga kita mendapat faedah dan berkah dari pergantian tahun baru islam ini serta menjadi barokah bagi santri dan masyarakat sekitar. Kami berharap acara ini menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara santri dan para alumni serta masyarakat sekitar guna menciptakan kerukunan,” tuturnya.

Sementara itu salah seorang santri ponpes Kanzul Ulum Langkap,Mengaku sangat bangga bisa mengikuti pawai 1000 obor dalam menyambut malam tahun baru Islam. “Kami selaku santri sangat bangga bisa kembali bertemu dengan tahun baru islam, Semoga kita semua bisa menjadi insan yang berguna dan umur yang panjang, ” pungkasnya. (edi/shb).