HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Semarak Kemerdekaan HUT RI Ke 78 Nelayan Al Ikhlas Bancaran Gelar Rokat Tasek dan Lomba Perahu Hias

Salah satu peserta lomba hias perahu nelayan Bancaran

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 kelompok nelayan Al -Ikhlas kelurahan Bancaran kecamatan kota kabupaten Bangkalan mengelar acara rokat tasek yang dimeriahkan dengan lomba hias Perahu dan hadrah Jidor. “Kebetulan rokat tasek kali ini bersamaan dengan HUT kemerdekaan RI yang ke 78, maka kita meriahkan dengan lomba perahu hias dan juga hadrah Jidor,”  kata Ketua kelompok Nelayan Al Ikhlas Bancaran, H Moh Ghofur Minggu. (13/08/2023).

Dalam lomba  perahu hias dengan start dari sungai Bancaran menuju ke Long Gledek desa Martajesah dan kembali lagi ke sungai Bancaran, pihaknya mengkampanyekan agar masyarakat menjaga kebersihan sungai dan laut dengan tidak membuang sampah ke sungai atau ke laut. “Stop buang sampah ke Laut sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat untuk  tidak buang sampah ke laut, karena bisa menggangu ekosistem, ” jelas H Ghofur.

Ketua kelompok nelayan Al Ikhlas H Ghofur foto bersama

Dijelaskan H Ghofur, kegiatan rokat tasek ini sebagai  bentuk rasa bersyukur para nelayan kepada Allah SWT. “Tujuan dari rokat tasek ini, untuk memohon kepada sang pencipta, agar para nelayan Bancaran diberi rejeki uang banyak serta keselamatan pada saat melaut dan dengan di adakan rokat tasek ini para nelayan bisa diberikan tangkapan ikan yang melimpah dan rezeki barokah,” jelas Aba Ghofur sapaan akrabnya ketua kelompok nelayan Al-ikhlas Bancaran ini.

Untuk lomba perahu hias kata aba Ghofur, di ikuti oleh 40 perahu. “Jumlah kelompok nelayan Al- Ikhlas Bancaran ada 72 anggota dan lomba perahu hias diikuti oleh 40 perahu.  Perahu yang ikut lomba perahu yang agak besar, sedangkan perahu yang kecil tidak ikut lomba, untuk rute lomba perahu hias ini start dari sungai Bancaran menuju ke Long Gledek,” terangnya

Ketua Kelompok nelayan Al Ikhlas Bancaran mengharapkan, kwgiatan rokat taksek dan lomba perahu hias bisa dilaksankan rutin setiap tahun. “Kita mengharapkan acara seperti rokat tasek dan lomba perahu hias ini bisa dibuat agenda rutin setiap tahun, dan kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan nelayan yang telah berpartisipasi semoga tetap kompak dan guyub, ” katanya.

Sementara itu, Lurah Bancaran kecamatan Kota Bangkalan, Sugiono,SH.MSi memberikan apresiasi kepada kelomppk nelayan Al Ikhlas Bancara yang telah menggelar acara rokat tasek dan lomba perahu hias  “Kami sangat bangga karena nelayan bisa melaksanakan tradisi rokat tasek dengan tata cara islami, kami juga mengharapkan kepada masyarakat dan nelayan untuk tidak membuang sampah ke sungai karena akan membuat sungai kotor dangkal dan kumuh,” pungkasnya (edi/shb)