TERKINI

SMPN 3 Burneh Sembelih 2 Ekor Sapi Hasil Arisan Hewan Kurban Para Guru

Kepala UPTD SMPN 3 Burneh saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban

Bangkalan, maduranewsmedia.com – SMPN 3 Burneh Desa Pangolangan kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan Jawa Timur pada lebaran Idul Adha tahun 2023 ini menyembelih 2 ekor sapi. Hewan kurban yang tersebut merupakan hasil arisan kurban para guru di SMPN tersebut. “Alhamdulillah pada lebaran Idul Adha tahun ini sekolah kami bisa menyembelih 2 ekor sapi. uang pembelian hewan kurban ini adalah hasil arisan hewan kurban para guru, ” kata Kepala UPTD SMPN 3 Burneh, Holili, S. Ag, M. Pd. disela sela pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di SMPN 3 Burneh, Sabtu (01/07/2023)

Sistem arisan hewan kurban di SMPN 3 Burneh ini dilakukan sejak 3 tahun lalu. “Para guru di sini mengadakan arisan kurban, ada 21 orang guru yang setiap bulan membayar uang arisan kurban sebesar Rp 75 ribu, ” jelas Holili sapaan akrabnya Kepala UPTD SMPN 3 Burneh ini.

Dijelaskan Holili, 1 ekor sapi untuk 7 orang guru. Kenapa tahun ini ada 2 ekor sapi ? 1 ekor sapi merupakan hewan kurban tahun lalu yang penyembelihan nya ditunda dan dilaksanakan pada lebaran Idul Adha tahun ini. “Pada lebaran Idul Adha tahun lalu ada wabah PMK jadinya hewan kurban tahun lalu disembelih tahun ini, ” terangnya.

Daging hewan kurban ini kata Holili akan diberikan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar SMPN 3 Burneh dan kepada siswa yang kurang mampu. “Daging hewan kurban ini kita bungkus dan akan dijadikan 250 bungkus selanjutnya kita distribusikan kepada masyarakat sekitar sekolah dan siswa yang kurang mampu, makanya dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini kita libatkan pengurus OSIS, ” tuturnya.

Ditambahkan Holili, kedepan dalam program penyembelihan hewan kurban ini, pihaknya akan melibatkan siswa untuk proses pembelajaran kurban. “Untuk siswa hanya proses pembelajaran saja, ” pungkasnya. (min/shb)