HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Soroti Buruknya Penanganan Sampah Di Bangkalan PAKIS Audensi Ke Pemkab Bangkalan

Audensi PAKIS

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Organisasi Kemasyarakatan Pusat Analisa Kajian Informasi Strategis (PAKIS) melakukan Beraudiensi dengan Pemkab Bangkalan. Kedatangan PAKIS itu menyoroti buruknya penanganan sampah selama ini. “Kami mau  yang hadir plt bupati atau Sekda bangkalan,  eh malah kabur semua. jika semua stakeholder turun  masalah sampah ini tidak akan berlarut-larut,” kata Ketua umum  PAKIS, H Abdurrahman Tohir usai audensi di kantor pemkab Bangkalan, Senin (17/07/2023).

Sebenarnya PAKIS ingin melakukan aksi membuang sampah di depan kantor pemkab Bangkalan, namun terkendala denga  armada truk,”Rencana awal aksi kami membuang sampah di kantor pemkab Bangkalan, tapi kami terkendala teknis karena kesulitan armada pengangkut sampah otomatis kita mengadakan audensi ini ” jelas Abdurrahman Tohir.

Dijelaskan Abdurrahman Tohir, pemkab dan stakeholder terkait harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat ,terkait masalah sampah ini. “Kami meminta stakeholder mensosialisasikan permasalahan sampah kepada masyarakat agar paham betul dengan kebersihan lingkungan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangkalan, Anang Yulianto menjelaskan bahwa kesulitan yang dihadapi DLH saat ini adalah mencari tempat pembuangan sampah terpadu. “TPST itu ada tapi ditolak masyarakat sekitar,” kata Anang Yulianto.

Ditambahkan Anang Yulianto, Volume sampah di kabupaten Bangkalan  perhari  bisa mencapai 80 ton. “Saat ini kami hanya memiliki enam Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) dan satu rumah daur ulang (RDU), kami masih kesulitan mencari TPST, sementara TPST yang ada di Desa Buluh Kecamatan Socah Bangkalan dapat penolakan dari warga sekitar, ” pungkasnya (edi/shb)