HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Soroti Permasalahan Sampah, Puluhan Massa PMII Geruduk Kantor Pemkab Bangkalan

Pj Bupati Bangkalan, Arief M Edie saat menemui massa PMII

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sekitar 50 orang massa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bangkalan melakukan aksi unjuk rasa ke kantor pemkab Bangkalan. Kedatangan mereka mendesak agar Pj Bupati Bangkalan, Arief M Edie menyelesaikan masalah sampah yang tak kunjung tuntas. “Selama ini permasalahan sampah di Bangkalan  tak ada habisnya,  kemana pak Pj bupati dan kepala Dinasnya ? marilah kita buat Bangkalan aman dari sampah,” teriak korlap Aksi,Samsul Hadi saat berorasi di halaman kantor pemkab Bangkalan, Senin (27/11/2023).

Menurut Samsul Hadi,  sampai saat ini persoalan sampah  belum tuntas seperti masalah Tempat Pembuangan akhir (TPA). “Dalam menyelesaikan konflik TPA Pemerintah harus mempertimbangkan local wisdom kabupaten bangkalan serta mengedepankan kepentingan masyarakat terdampak, mengantisipasi pontensi dampak lingkungan yang akan terjadi dari aktivitas pembuangan dan pengelolaan sampah,” jelasnya.

Dijelaskan dia, sampai saat ini masalah TPA belum ada kejelasan. “Sampah menjadi momok pembicaraan setiap tahun di Bangkalan dan terjadi penolakan TPA yang ada di desa Buluh kecamatan Socah dan sampai detik ini tidak menemukan kejelasan status, ” terangnya.

Bukan masalah  TPA saja kata Samsul Hadi, masalah TPST juga belum tuntas.”Pasalnya keberadaan TPST di desa Buluh yang ditarget menjadi centra pembuangan dan pengelolaan sampah kemudian kandas ditengah jalan, ” tuturnya

Sementara itu PJ Bupati Bangkalan Arief Mulya Edie mengatakan, Pihaknya akan melakukan kordinasi bersama dinas terkait secepatnya. “Apa yang dikeluhkan adik mahasiswa nanti kita akan melakukan evaluasi mengenai sampah, Stakeholder yang menjadi permasalahan ini akan kami panggil untuk memutuskan permasalahan sampah yang terjadi, ” pungkasnya (edi/shb)