Wujudkan Portal Satu Data Statistik, Diskominfo Bangkalan Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Operator

Sosialisasi portal. Satu data statistik

Bangkalan,maduranewsmedia.com-untuk mewujudkan tersedianya satu data sektoral,  Diskominfo Bangkalan melakukan sosialisasi dan pelatihan operator satu data statistik. “Jadi kegiatan di beberapa minggu ini sudah tiga kali kita melakukan sosialisasi kepelatihan operator satu data statistik, kita harus sering bertemu para operator kita ingin mewujudkan portal satu data bangkalan yang lebih transparan dan akuntabel,” Kata Kepala Diskominfo Kabupaten Bangkalan, DR Agus Sugianto Zain, S,Pd, M.Si,di sela-sela sosialisasi dan kepelatihan, Senin (05/12/2022).

Dikatakan dia, satu data statistik nantinya akan menjadi dua yang pertama untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan terakhir untuk publik, “Sebagai amanah perpres 39 tahun 2019 jadi hasil akhir dari kegiatan kali ini,  setelah kita mendapatkan portal satu data yang didalamnya ada dua sistem yang pertama sistem berbagi pakai dengan antar OPD dan terakhir untuk publik, ” jelas Agus sapaan akrabnya Kadiskominfo kabupaten Bangkalan ini.

Yang jelas kata Agus, dari kegiatan sosialisasi ini, pihak operator, produsen dari OPD  terkait memahami, “Bentuk keterbukaan data untuk publik tujuan kita ingin mempersiapkan aplikasinya,tetapi operator produsen data di OPD harus memahami apa itu di dalamnya, ” terangnya.

Dijelaskan Agus, untuk aplikasi nya diperuntukkan semua OPD yang ada di pemkab  Bangkalan. “Itu kewajiban semua OPD di bangkalan kita juga mempunyai kegiatan evaluasi pelaksanaan data sektoral Jadi dua instansi ini nantinya yang akan berdiskusi menentukan OPD mana yang pengelolaan data statistiknya bagus, ” tuturnya.

Ditambahkan Agus, sosialisasi ini tetap di lakukan sampai nanti para peserta  memahami cara menilai data yang akurat, “Statistik Sektoral ini akan dilakukan secara mandiri maka itu melalui sosialisasi akan dipaparkan teknisnya secara detail, agar para peserta bisa memahami ,Jadi kita sosialisasikan bagaimana cara menilai dan dari hasil penilaian itu dikirim ke BPS apakah nanti layak atau tidak berdasarkan bukti-bukti dokumen yang diajukan, ” katanya.

Kepala diskominfo kabupaten Bangkalan mengharapkan, agar setiap tahun pemilihan OPD harus ditambah demi memenuhi kebutuhan. “Tiap tahun pemilihan OPD harus ditambah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tersedianya data sektoral setiap instansi dalam rangka meningkatkan perencanaan urusan pemerintahan dan pembangunan yang menjadi tugas pokok instansi yang bersangkutan, ” pungkasnya (edi/shb).