HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

54 Orang Anggota Panwascam Terpilih Di Lantik

Ketua Bawaslu Bangkalan, Achmad Mustain Saleh saat melantik angggota Panwascam

Bangkalan, maduranewsmedia.com-Badan pengawas pemilu (Banwaslu) Kabupaten Bangkalan 54 anggota  pengawasan kecamatan (Panwascam) Pemilu serentak tahun 2024. “Alhamdulilah pada kesempatan kali ini kita  bisa melaksanakan pelantikan dan sekaligus pengambilan sumpah anggota Panwascam untuk pemilu 2024,* kata ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan Achmad Mustain Saleh disela-sela acara Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota Panwaslu kecamatan Se-kabupaten Bangkalan dalam pemilu 2024 di gedung pertemuan Ratoh Ebuh, Kamis (27/10/2022).

Setelah dilantik dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan bimbingan teknik (bimtek). “Setelah pelantikan ini kami akan melalukan bintek kepada anggota Panwascam, ” jelas Mustain sapaan akrabnya Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan ini.

Selain Bimtek kata Mustain, Anggota Panwascam Bawaslu kabupaten bangkalan nantinya akan dibekali dengan IT. “Nanti kedepan  anggota Panwascam akan dibekali dengan sistem Android dan semua program sudah ada di handphone,” terangnya.

Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan meminta kepada anggota Panwascam yang baru dilantik segera beradaptasi dengan lingkungan kerja. “Kami tegaskan anggota Panwascam harus paham adat ketimuran yakni memperkenalkan diri kepada tokoh masyarakat setempat, baik itu Danrami,Polsek, Camat dan tokoh blateran diwilayahnya,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron mengatakan, Pemkab Bangkalan akan mendukung seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Bentuk dukungan Pemkab selain pemenuhan sarana prasarana, juga akan menyiapkan SDM terbaik untuk diperbantukan. “Kita sudah membuktikan dukungan kongkrit pada Bawaslu Bangkalan berkaitan dengan sarana prasarana dan operasional. Sewa kendaraan komisioner dan dukungan prasarana seperi laptop, printer dan lainnya sudah teranggarkan melalui Bakesbangpol. Sementara perbaikan ringan kantor Bawaslu Bangkalan sudah dilaksanakan PRKP Bangkalan, ” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan.

Ra Latif meminta agar para Camat untuk memberikan dukungan kepada anggota Panwascam. “Kami meminta pada para Camat agar dapat menyiapkan ruang dan sarana prasarana lainnya yang dibutuhkan Panwascam di masing-masing kecamatan,” tuturnya.

Ra Latif juga meminta kepada Bappeda, BPKAD dan Bakesbangpol agar terus menyiapkan kebutuhan anggaran baik itu dukungan Pemilu 2024 dan terutama untuk Pilkada 2024. “Sosialisasi dan pendidikan pemilih juga akan terus Pemkab lakukan agar gaung sukses gelaran Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Bangkalan dapat berjalan sukses bersama,” pungkasnya. (edi/min/shb)