HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Antusiasme Masyarakat Rendah Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan Masih 38 Persen

Bangkalan,maduranewsmedia.com- antusiasme masyarakat terhadap program vaksinasi covid-19 di kabupaten Bangkalan masih rendah, akibatnya program vaksinasi untuk pembentukan herd immunity dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19 di kabupaten dengan sebutan kota dzikir dan solawat ini masih mencapai 38 persen. dari data yang ada pada dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, vaksinasi dosis 1 38 persen, vaksinasi dosis 2 masih 18 persen dan vaksinasi dosis 3 (Vaksin khusus untuk tenaga kesehatan dan dokter)  84 persen.

Rendahnya antusiasme masyarakat terhadap program vaksinasi ini disebabkan adanya sejumlah faktor diantaranya adalah kesadaran masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan belum merasakan perlu-nya divaksin. “Kalau petani seperti saya ini nak untuk apa vaksin, saya tidak akan pergi Mall atau tempat lain, wong saya perginya paling ke pasar dan ke sawah,” kata Abdullah kepada maduranewsmedia.com, Selasa (02/11/2021).

Pria berusia 45 tahun ini bukannya tidak tahu dari manfaat vaksin untuk mencegah penularan virus Covid-19. “Saya tahu vaksin ini aman dan halal serta untuk mencegar virus Corona, tapi saya saya merasa belum perlu untuk vaksin, dan saya tidak takut divaksin,” katanya.

Terpisah Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo saat dikonfirmasi terkait masih rendahnya capaian vaksinasi dosis 1 di kabupaten Bangkalan ini mengatakan, pihaknya udah melakukan berbagai upaya agar vaksinasi di kabupaten Bangkalan mencapai target. namun apa yang dilakukan oleh dinas kesehatan seolah membentur tembok. “Kita sudah semangat, tapi antusiasme masyarakat terhadap vaksin masih rendah, jadi bertepuk sebelah tangan,” terang Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.

Namun mantan Kepala Puskesmas Blega ini terus berharap agar kesadaran masyarakat di kabupaten Bangkalan terus meningkat sehingga target vaksinasi untuk pembentukan herd immunity tercapai agar supaya kabupaten Bangkalan terbebas dari pandemi Covid-19. (min/shb)