HEADLINEKESEHATANPERISTIWATERKINI

Cegah Peradangan Paru- Paru Terhadap Anak Puskesmas Burneh Gencar Lakukan vaksinasi PVC  Pada Anak Usia Dini

Kapuskesmas Burneh, Saiful

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Untuk  mencegah kematian pada anak yang diakibatkan oleh penyakit pneumonia atau peradangan paru-paru akibat infeksi, Puskesmas Burneh gencar melakukan vaksinasi Pneumoccocal Conjugate Vaccine (PVC)  kepada anak usia. “Dengan ditemukan penyakit pada anak yaitu pneumonia atau peradangan paru-paru di akibatkan infeksi pernapasan kita sudah melaksanakan vaksin PVC dan memasukkan  ke program imunisasi rutin yang diadakan baik di desa ataupun di puskesmas,” kata Kepala puskesmas Burneh, Saiful Rabu (02/10/2022).

Dikatakan dia, vaksin PVC ini diberikan kepada anak  mulai umur 2 bulan sampai 12 bulan agar kekebalan tubuh bertambah. ,”Alhamdulilah di puskesmas Burneh sejak di gratiskan vaksin PVC ini sudah ada 2 orang anak yang sudah divaksin, setelah divaksin tidak ada keluhan dan aman,” jelas Saiful.

Dijelaskan Saiful, sejak vaksin PVC di drop dari dinkes kabupaten Bangkalan, pihaknya langsung melakukan sosialisasi ke semua desa di wilayah Burneh,” Memang dari dulu vaksin itu memang ada tetapi bayar dan sekarang  gratis, sehingga sejauh ini kita melakukan sosialisasi ke masyarakat baik itu langsung atau melalui chat pribadi,” terangnya.

Ditambahkan Saiful  stok Vaksin PVC di puskesmas Burneh sampai saat ini stoknya masih aman sampai akhir bulan dan akhir tahun. “Di puskesmas Burneh stok vaksin PVC aman untuk kebutuhan 4 bulan kedepannya,” tuturnya.

Untuk penyuntikan vaksin PVC kata Saiful, anaknya harus dalam kondisi sehat. “Untuk penyuntikan vaksin harus dipastikan kesehatan anak maka dalam kondisi kurang sehat tidak bisa dipaksakan dilakukan penyuntikan, kita khawatir nanti kalau terpaksa disuntik jika efeknya anak itu tambah sakit malah yang disalahkan Vaksinator, ” katanya.

Kepala Puskesmas Burneh mengharapkan, orang tua anak tidak kuatir terhadap vaksin PVC Ini. “Harapan saya semoga orang tua anak  jika ada keluhan pada anaknya setelah divaksin silahkan diperiksa. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, dan vaksin ini tidak kalah pentingnya dengan imunisasi dasar lainya sebab tingginya kematian anak masih banyak, semoga Bangkalan tetap aman khususnya di kecamatan Burneh dari penyakit yang viral sekarang ini,” pungkasnya (edi/shb).