HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Disdik Bangkalan Harapkan Pondok Romadan Dijadikan Penguatan Program Baca Tulis Al-Qur’an

Kabid SMP Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Jufri Kora

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan menjadwalkan pelaksanaan pondok Romadan di sekolah mulai dari SD dan SMP pada tanggal 25 hingga 27 April 2022. Pelaksanaan pondok Romadan tahun ini diharapkan bisa dijadikan  penguatan program baca tulis Al=Qur,an. “Program itu (Baca tulis Alqur,an Red) sudah ada, jadi dalam pondok Romadhan nanti dijadikan penguatan program itu,” kata  Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika melalui Kabid SMP, Jufri Kora, Selasa (05/04/2022).

Dikatakan dia, terkait pondok Romadan ini, Disdik telah mengeluarkan surat edaran ke sekolah-sekolah. “Untuk surat edarannya sudah kami sampaikan, bahkan tanggalnya juga sudah kami tetapkan, tinggal pelaksanaanya di sekolah-sekolah. jika sekolah mau melaksanakan pondok Romadan sebelum lebih awal atau sebelum tanggal 25 April ngak ada masalah,” jelas Jufri sapaan akrabnya Kabid SMP yang juga Ketua PGRI Kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Jufri, dalam pelaksanaan Pondok Romadan, setipa sekolah berbeda-beda. “Setiap sekolah itu beda-beda, ada yang melaksnakan pondok romadan 3 hari ada sekolah yang melaksanakan 2 hari, yang jelas Sekolah wajib melaksanakan pondok Romadan,” terangnya.

Ditambahkan Jufri, proses kegiatan belajar mengajar (PKBM)  pada bulan Romadan ini berbeda dengan PKBM pada hari hari biasa.  “Kalau pada hari biasa perjamnya itu 40 menit, namun pada bulan Romadan ini perjam-nya 35 menit atau dikurangi 5 menit,” tuturnya.

oleh sebab itu kata Jufri, pada momentum bulan sucai romadan ini, Disdik mengeluarkan surat edaran untuk sekolah agar melaksanakan pondok Romadan. (min/shb)