HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Dispora Bangkalan Mulai Lakukan Seleksi Anggota Paskibraka

Kabid Pwningkatan Prestasi Olah Raga Dispora Bangkalan, Rahmad Ansori

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) kabupaten Bangkalan telah melakukan sejumlah  persiapan hari kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, salah satunya melakukan seleksi anggota Paskibraka. “Kita mempersiapkan  paskibraka di bulan Agustus, memang masih kurang 5 bulan lagi, Namun kita sudah menyeleksi sebanyak 74 Paskibraka,” kata Kadispora Bangkalan, Ahmad Ahadiyan Hamid melalui  Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Bangkalan, Rahmad Anshori Rabu (05/04/2023).

Dikatakan dia, juknis tahapan seleksi paskibraka sudah keluar. “Formasi Paskibraka untuk tahun ini  berbeda dengan tahun sebelumnya dengan formasi lengkap dengan pasukan 17 pasukan 8 dan pasukan 45, Adapun tahap proses pemilihan calon anggota paskibraka bangkalan mengacu pada juknis perekrutan paskibraka tahun 2023,” jelas Erick sapaan akrabnya Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Bangkalan ini.

Dijelaskan Erick, Dalan seleksi ini, tiap sekolah SLTA wajib mengirimkan 3 siswa-siswinya. “Kami sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan tim pelatih dan juga tim seleksi dari TNI AD, TNI AL dan Polri, kemudian di delegasikan melalui pihak sekolah kita sudah bersurat ke seluruh SLTA kabupaten bangkalan supaya mengirimkan 3 siswa yang ada di kelas 10 untuk mengikuti seleksi, ” terangnya.

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Bangkalan menjelaskan, pihaknya sengaja melakukan persiapan seleksi paskibraka lebih awal agar bisa lebih maksimal pada saat proses seleksi. “Mengingat banyak persiapan yang harus dilakukan seperti persiapan seragam pakaian dinas upacara dan lainnya maka seleksi kita lakukan lebih awal,” tuturnya.

Ditambahkan Erick, kepada siswa yang ikut seleksi Paskibraka yang tidak lolos diharapkan tetapi semangat, “Adapun penilaian yang dilakukan selama seleksi ada beberapa indikator yang harus dipenuhi yakni sikap sempurna dan memiliki berat badan ideal Laki-laki minimal 170 cm dan berat 55-65 kg, untuk putri tinggi minimal 165 cm dan berat badan 50-60 kg, Apabila dalam seleksi kali ini tidak berhasil jangan menyerah karena masih ada kesempatan tahun depan tetap belajar dan giat berlatih, ” pungkas Eric (adv/edi/shb)