HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ke Bangkalan Presiden RI Joko Widodo Resmikan Kapal Ternak

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jatim Soekarwo
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jatim Soekarwo

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– kehadiran Presiden RI Joko Widodo ke kabupaten Bangkalan untuk meresmikan Kapal ternak. kapal tersebut guna mempercepat arus ternak dari propinsi ke propinsi dan dari lokasi peternakan ke kota-kota yang membutuhan ternak,  peresmian kapal ternak pertama di Indonesia yang diproduksi oleh PT Adiluhung Saranasegara Indonesia di desa Ujung piring kecamatan kota Kabupaten Bangakalan.  “Kapal ini untuk melancarkan arus distribusi barang, dan arus distribusi ternak dari propinsi NTT dan NTB ke propinsi lain atau dari lokasi peternakan ke kota-kota lain yang membutuhkan,” kata Jokowi dalam acara Peresmian kapal khusus pengangkut ternak, KM Camara Nusantara 1,  Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 56, Kapal perintis Sabuk Nusantara 55 oleh Presiden RI, di  PT Adiluhung Saranasegara Indonesia di desa Ujung Piring, Selasa (10/11/2015).

Dikatakan Jokowi, untuk memperlancar arus ternak ini tidak hanya dilakukanuntuk propinsi NTT dan NTB saja namun pengadaan kapal ternak ini juga akan dilakukan di propinsi-propinsi yang lain. “2/3 wilayah Indonesia ini adalah air  dengan 17 ribu pulau, kapal penhubung antar pulau ini atau tol laut  akan terus kita tambah, tahun ini 200 kapal, tahun depan kita pesan 160 kapal, kalau transportasi kapal laut banyak perjalanan angkutan laut untuk rakyat dan barang ini akan murah,” katanya.

Dengan adanya kapal ternak pertama di Indonesia ini kata Jokowi, angkutan ternak  dari NTT ke jakarta, yang melalui Perjalanan panjang ini ternak akan nyaman karena sapi ruangan yang baik.selama ini kita dalam soal transportasi laut masaih kalah dengan Australia, kenapa sapi australia murah, karena tarnsportasi autnya murah. Makanya dengan adanya kapal-kapal ini akan memperkuat konsep tol laut kita atau konsep Maritim kita. Kedepan harus ada kapal-kapal dengan jadwal yang jelas,” tuturnya. .

Menhub RI, Ignasius Jonan, menjelaskan saat ini ada 56 kapal perintis yang melayani daeah daerah yang belum dilayani oleh perusahaan kapal secara komersial. “Jadi 56 kapal perintis ini nanti akan melayani pelayanan ke Masa Lembo, Surabaya, kalianget, pulau  Sapudi, pulau Kangean,” jelasnya.

Djelaskan Ignasius Johan, Kapal ternak KM Camara Nusantara  ini merupakan kapal ternak pertama di Indonesia dengan kapasitas 500 sapi yang akan meklayani Trayek dari  Kupang, Bima Tanjung perak, Tanjung Emas dan Cireibon. “Kita sudah  pesan 5 lagi kapal untuk kapal ternak. Kapal ternak sesuai standar kapal,” katanya.

Sedangkan Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo, mengatakan Jatim merupakan pintu gerbang Indonesia bagian Timur dengan  91, 3 juta  penduduk “Kalau Bapak Presiden mau mamakmurkan masyarakat indonesia bagian timur, maka  mulailah dari jawa Timur,” pungkas Soekarwo. (hib/shb)