HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Kemenpan RB Lakukan Visitasi dan Monev Ke Mall Pelayanan Publik Di Bangkalan Plaza

Kadis DPMPTSP Kabupaten Bangkalan, Ainul Ghufron saat menerima pejabat Kemenpan RB di MPP

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melakukan visitasi dan Monev ke Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Bangkalan Plaza. “Kedatangan kami dari Kemenpan RB ke kabupaten ini untuk melihat sampai sejauh mana pelaksanaan penyelenggaraan  MPP disini (Bangkalan Red), ” kata Analis kebijakan Madya Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Aris Samson saat  visitasi di MPP Banplaz Bangkalan, Kamis (27/05/2021).

Dikatakan Dia, Sebelum melakukan vistasi dan Monev, pihaknya bertemu dengan Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron di Kemenpan RB. “Kebetulan kabupaten bangkalan sudah melaunching MPP pada tahun 2020,  dan pada tanggal 2 Maret 2021 kemarin, bapak bupati Bangkalan didampingi kepala DPMPTSP,  kita undang ke jakarta untuk penanda tanganan MoU terkait dengan pembangunan MPP ini,” jelas Aris sapaan akrabnya Pejabat Kemenpan RB ini.

Dijelaskan Aris , pada saat melakukan visitasi dan Monev, pihkanya menemukan beberapa catatan dalam penyelengaraan pelayanan MPP ini. “Setelah kita lihat ada beberapa catatan-catatan  yang nanti akan kami sampaikan kepada pak Bupati secara tertulis untuk segera ditindak  lanjuti,” terangnya.

Analis kebijakan Madya Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB  menilai keberadaan MPP kabupaten Bangkalan sudah bagus. “MPP ini kan aset milik daerah, saya lihat sudah bagus, tapi kalau pengelolaan kurang profesional, kesannya mubadzir , artinya ada beberapa fasilitas-fasilitas yang kurang dioptimalkan, contohnya  pada Unit Dinas kependudukan dan catatan sipil , banyak masyarakat yang minta diberikan layanan, tapi fasilitasnya masih belum optimal,  belum disiapkan tempat  duduk, jadi kesannya tidak tertata  dan tidak teratur, masyarakat duduk sembarangan, dan  kesannya kita melihat seperti bukan didalam Mall, tetapi masih tetap  seperti pelayanan yang lama,” tuturnya.

Analis kebijakan Madya Deputi pelayanan Publik Kemenpan RB wilayah II yang meliputi propinsi Lampung,  DKI jakarta, Propinsi  Jawa Timur, Bali NTT, NTB dan Seluruh kalimantan ini mengharapkan, kedepan MPP di kabupaten Bangkalan ini lebih baik lagi. “Saya berharap penataan dari unkit unit layanan di MPP ini kedepan menjadi lebih bagus dan lebih baik lagi,” katanya.

Pejabat Kemenpan RB saat foto Bersama di MPP

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kabupaten Bangkalan, Ainul Ghufron,  S.Sos, MM, menyampaikan ucapan terima kasih atas Kunjungan dari Kemenpan RB ini. “Kami ucapkan terima  kasih atas kunjungan tamu kehormatan dari Kemenpan RB ini,” kata Ainul sapaan akrabnya Kadis DPMPTSP kabupaten Bangkalan ini.

Terkait dengan catatan catatan dari Kemenpan RB, pihaknya siap menindak lanjutinya. “Ya Bagaimanapun bapak Arif dari Kemenpan RB ini adalah orang tua kami  dan yang namanya orang tua memberikan nasehat kepada anak wajar,  jadi catatan catatan apapun pasti akan kami tindak lanjuti, tentunya kami akan melaporkan kepada pimpinan dalam hal ini pak Bupati dan Bapak Sekda,” ujar Ainul.

Dikatakan Ainul  beberapa catatan catatan  dari Kemenpan RB itu  akan segera ditindak lanjuti dan akan   disempurnakan lagi. “Ya, karena memang kami membangun MPP ini dengan semangat yang tinggi untuk memperoleh peningkatan pelayanan publik yang bagus dan lebih bagus terutama di bidang Perijinan, namun pelayanan publik tidak hanya terbatas di perijinan saja, banyak pelayanan publik yang lain. makanya kami  harapkan catatan tertulis atau rekomendasi dari hasil visitasi dan Monev  dari Kemenpan RB  ini menjadi bahan bagi kami demi kebaikan MPP kabupaten Bangkalan kedepan,” pungkasnya. (min/shb)