KPU Bangkalan Datangkan Tenaga Lipat SS Dari Luar Bangkalan

para pekerja sedang melipat surat suara

Bangkalan,maduranewsmedia.com-KPU kabupaten Banglalan sudah menerima Surat Suara (SS) Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif. Sejak Rabu lalu KPU mulai melakukan pelipatan surat suara tersebut. Untuk tenaga pelipat suara ini, KPU Bangkalan mendatangkan tenaga dari lauar bangkalan. “Kita menadatngkan tenaga yang melipat SS ini dari Surabaya, Gersik dan Sidoarjo, kenapa kita datangkan tenaga lipat darimluar banglalan ? selain faktor keamanan, kalau menngambil tenaga dari banglalan, kita ngak tahu apakah tenaga yang kita rekrut ini saudarnya caleg,” kata Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Jakfar, Senin (25/02/2019).

Dikatakan dia, jumlah tenaga untuk melipat surat suara yang direkrut dari luar bangkalan itu sebanyak 45 orang, dan mereka tidur di GOR Sultan A Kadirun bangkalan dimana logistik pemilu disimpan. “Selama bekerja mereka tidur disana (GOR Red),” jelas Fauzan panggilan akrabnya Ketua KPU Bangkalan ini.

Dijelaskan Fauzan, total 5 jenis surat suara yang diterima KPU bangkalan itu 4.425.820 lembar surat suara. Dengan julah DPT 866.058 Dan saat ini surat suara yang sudah selesai dilipat adalah surat suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). “Sebanyak 885.164 surat suara untuk pemilihan anggota DPD RI sudah rampung dilipat,” terangnya.

Dalam melipat suara suara ini kata Fauzan, para pekera melipat 1 jenis surat suara.”Jadi sistemnya, melipat 1 jenis surat suara setelah selesai 1 jenis SS,  baru pindah ke surat suara lainnya. Tenagaa lipat yang kita rekrut ini adalah tenaga yang sudah terlatih,” tuturnya.

Ditambahkan Fauzan, pelipatan surat suara ini ditargetkan pada tanggal 15 Maret sudah tuntas semuanya. “Sortir dan pelipatan surat suara ini kita targetkan tanggal 15 Maret sudah selesai. Sisa harinya, kita jadwalkan untuk packing dan setting per TPS. KarenatTidak hanya surat suara saja, tapi masih ada logistik yang lain,” pungkasnya. (hib/shb)