Peternak Kambing Anggota Konter NU Bangkalan Kembangkan Kambing Breeding PE

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Menjadi peternak Kambing dimasa pandemi. covid 19 menjadi pilihan warga untuk tetap bisa bertahan hidup. Seperti yang dilakukan oleh Hasan Iroqi Warga kampung Lagundhih Desa Ujung Piring kecamatan  Kota Kabupaten Bangkalan, sejak awal pandemi Covid 19, pria ini mulai beternak Kambing agar asap dapurnya tetap mengepul. “Pada masa pandemi ini saya sangat tertolong dengan beternak Kambing ini, ” kata Hasan Iroqi, Senin (07/02/2022)

Pada awalnya peternak yang merupakan anggota Komunitas Peternak Nahdatul Ulama (Konter NU)  hanya memiliki 14 ekor. “Saya mulai beternak Kambing sekitar bulan Pebruari 2021, waktu itu saya hanya mempunyai 14 ekor Kambing dan sekarang Alhamdulillah sudah berkembang, ya saat ini ada 30 ekor Kambing lebih, ” kata Ra Hasan sapaan akrabnya Hasan Iroqi ini.

Dua jenis Peternakan kambing yang saat ini tengah dikembangkan  oleh Ra Hasan saat ini. “Kambing Pembesaran dan kambing Breeding atau kambing pengembang biakan. Untuk pengembang biakan ini saya adalah Breeding Peranakan Etawa (PE),” jelasnya.

Untuk Breeding PE ini kata Ra Hasan saat ini dirinya telah memiliki 12 ekor Babon, dari 12 ekor Babon tersebut sebanyak 5 ekor telah hamil. “Alhamdulillah 5 ekor sudah hamil,” terang.

Untuk pakan ternak, Ra Hasan yang juga pengasuh pondok Pesantren Kramat ini tidak kesulitan. “Kalau soal pakan ngak ada kesulitan karena ada santri putri yang membikin kripik singkong, kulit singkong nya itu kita buat pakan kambing,” tuturnya.

Ra Hasan tetap optimis peternakan kambing miliknya akan terus berkembang. “Peternak yang tergabung Konter NU ini  merupakan binaan dari pengurus Cabang NU Bangkalan, jadi saya optimis sekali peternakan kambing ini berkembang, ” pungkasnya. (min/shb)