HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Refleksi Mahasiswa STAI Syaichona Cholil Terhadap Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syaichona Cholil Bangkalan

Mahasiswa STAI Syaichona Cholil foto bersama di Taman Makam Pahlawan Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Memontem hari Kemerdekaan RI yang ke 76 tahun 2021 ini jadikan momentum oleh BEM-KM STAI Syichona Moh Cholil untuk merefleksi  pengusulan Gelar Syaichona Moh Cholil sebagai pahlawan Nasional. “Kegiatan Releksi mahasiswa ini dalam rangka afirmasi STAIS terhadap pengusulan Gelar Syaichona Moh Cholil sebagai pahlawan Nasional,” kata Ketua BEM-KM STAI Syichona Moh Cholil, Moh Karror di sela sela acara refleksi yang digelar di taman makam Pahlawan bangkalan, Senin (16/08/2021).

Karena masaih pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan , kegiatan Releksi mahasiswa dilakukan secara sederhana. “Karena masih kondisi pandemi Covid-19, kegaitan ini kita lakukan secara sederhana,  kegiatnnya cuma upacara yang diisi dengan orasi-orasi ilmiah dari perwakilan mahasiswa, dan selesai acara refleksi kita lakukan ziarah bersama ke taman makam Pahlawan,” jelas Karror.

Usai melaksanakan gelar afirmasi, para peserta refleksi melakukan penanda tanganan. tanda tangan afirmasi pertama dilakukan oleh Ketua PCNU Bangkalan. KH Makki Nasir. “Dengan afirmasi  yang dirangkai dengan refleksi mahasiswa ini bisa mengajak  mahasiswa mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang ada di bangkalan, kemudian kita akan mengajak mereka  ke jatim untuk mengajak afirmasi dukungan gelar pahlawan Nasional untuk Syaichona Cholil,” terangnya..

Sementara itu, Ketua PCNU Bangkalan, KH Makki Nasi,  mengatakan, acara refleksi digelar agar supaya menjadi motivasi pendorong dan semangat para mahasiswa. “Ini sebagai semangat agar mahasiswa   meneladani Syaichona Choli, Meskipun keluarga besar Syaichona tidak membutuhkan gelar kepahlawanan ini,. namun Syaichona Cholil ini sudah milik bangsa, sebagai bangsa yang besar patut mengapresiasi, menghargai peran beliau sehingga banyak usulan dari unsur unsur masyarakat termasuk mahasiswa agar Syaichona Cholil diberi gelar pahlawan nasional,” katanya.

Oleh sebab itu kata KH Makki Nasir, pemerintah agar memperhatikan usulan usulan dari masyarakat ini. “ Ini sangat penting sekali,  karena masyarakat sekarang butuh motivasi untuk membangun bangsa, dan metodologi perjuangan Syaichona Cholil, ajaran-ajaran syaichona Cholil yang diajarkan kepada santri-santri beliau sangat penting sekalai pada saat sekarang ini untuk dipahami kembali,” pungkasnya. (min/shb)